suplemenGKI.com

Rabu, 13 Juli 2016

12/07/2016

Kolose 1:15-20

KEUTAMAAN KRISTUS DI ALAM SEMESTA

PENGANTAR
Keegoisan kita sering membuat kita membatasi luasnya jangkauan karya Yesus Kristus. Kita hanya mengenal dia sebagai Tuhan dan Juruselamat yang membebaskan kita dari dosa dan menjamin keselamatan kita. Kita sering lupa bahwa karya Kristus juga ditujukan bagi seluruh alam semesta. Pemulihan yang utuh seharusnya meliputi: 1) pulihnya otoritas Allah atas seluruh alam ciptaan-Nya, 2) pulihnya hubungan Allah dengan manusia, dan 3) pulihnya peran manusia sebagai pengelola alam ciptaan-Nya.

PEMAHAMAN
Dalam Bacaan kita hari ini, Paulus menjelaskan keutamaan Kristus dari status dan karya-Nya dalam tiga bidang yang berbeda. Kita akan mencermati setiap bagiannya.

Ay. 15-17   Di bagian ini, dalam hal apakah kita dapat melihat keutamaan Kristus? Apa hubungannya dengan kehidupan Anda sendiri?

Ay. 18          Di bagian ini, dalam hal apakah kita dapat melihat keutamaan Kristus? Apa hubungannya dengan kehidupan Anda sendiri?

Ay. 19-20   Di bagian ini, dalam hal apakah kita dapat melihat keutamaan Kristus? Apa hubungannya dengan kehidupan Anda sendiri?

Di bagian pertama (ay. 15-17), ada dua hal penting yang diungkapkan mengenai Kristus dalam hubungannya dengan penciptaan alam semesta. Pertama, Kristus telah ada pada waktu Allah menciptakan alam semesta. Kedua, Kristus adalah Tuhan atas semua ciptaan. Ini berarti bahwa semua yang ada dan terjadi di seluruh alam semesta sepenuhnya berada dalam otoritas-Nya.

Di bagian kedua (ay. 18), Paulus menjelaskan bahwa Kristus – sebagai kepala jemaat – telah menjadi yang pertama bangkit dari antara orang mati. Kita semua, sebagai anggota tubuh Kristus, seharusnya memiliki dua sikap ini sekaligus di dalam hidup kita: 1) menghargai kehidupan sebagai anugerah Allah, dan 2) tidak takut menghadapi kematian karena kebangkitan Kristus menjamin kebangkitan kita.

Di bagian ketiga (ay, 19-20), Paulus menjelaskan bahwa oleh darah salib Kristus, seluruh alam semesta telah diperdamaikan dengan Allah. Karya pendamaian Kristus memulihkan hubungan Allah dengan seluruh alam semesta, sehingga semua kehidupan di dalamnya selaras dengan maksud dan kehendak Allah.

REFLEKSI
Keutamaan Kristus yang sejati akan nampak jelas apabila dampak dari karya-Nya terwujud di seluruh semesta, yaitu ketika seluruh alam ciptaan-Nya hidup dalam keselarasan, sesuai dengan kehendak-Nya. Sudahkah Anda ikut mewujudkannya?

TEKADKU
Tuhan, ampunilah aku apabila selama ini aku lebih sering menerima karya Kristus secara egois. Ajarlah aku melakukan tanggung jawabku untuk ikut mengelola alam semesta.

TINDAKANKU
Dalam seminggu ini, aku akan menata lingkungan tempat tinggalku, baik di dalam rumah maupun di bagian halamannya, agar lebih bersih dan sehat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«