suplemenGKI.com

Yesaya 45:1-5

“KUASA ALLAH MEMANGGIL UMATNYA”

PERTANYAAN PENUNTUN PEMAHAMAN ALKITAB

Bacaan kita hari ini menceritakan kepada kita rencana besar Allah dalam menyelamatkan umatNya yang saat itu sedang hidup dalam pembuangan di Babel akibat dosa dan pelanggaran mereka kepada Allah.

1. Ayat 1: Kepada siapa Tuhan memberikan firmanNya dalam bacaan kali ini?

2. Apa yang Tuhan rencanakan kepada Israel melalui Raja tersebut? (ayat 1-3)

3. Ayat 4-5: Bagaimana hubungan Raja tersebut dengan Allah? Apakah ia adalah seseorang yang mengenal Allah?

4. Apa yang dapat Anda simpulkan hari ini tentang cara kerja Allah dalam menyelamatkan umatNya!

5. Bagaimana Anda menghayati bacaan hari ini, khususnya dalam konteks hidup bernegara Indonesia yang sedang banyak dilanda polemik saat ini?

6. Bagaimana pula Anda menghayati bacaan hari ini untuk diri Anda sendiri dalam hal menjawab panggilan Allah untuk menjadi mengerjakan misi Allah?

RENUNGAN

Yesaya 45 merupakan nubuat dari Allah tentang penobatan seorang raja. Hal seperti ini juga sering kita temukan dalam kitab Mazmur, seperti dalam Mazmur 2 dan Mazmur 110. Pada saat Tuhan menyampaikan firmanNya, Koresh dipanggil dengan namanya sendiri ( Yesaya 45: 3,4), dan kemudian ia diberi gelar “Orang yang diurapi TUHAN”. Gelar ini adalah sebuah gelar khusus untuk raja-raja Israel.

Tuhan sudah mempersiapkan rencana yang besar kepada bangsa Israel melalui Koresh. Sebagaimana diungkapkan dalam Yesaya 45:1-3, Tuhan akan menundukkan bangsa-bangsa lain di hadapan Koresh (bangsa Israel), Tuhan akan memberikan kemenangan yang besar kepada bangsa Israel. Sehingga pada akhirnya, sejarah membuktikan bahwa nubuatan ini tergenapi, bangsa Israel akhirnya berhasil pulang kembali ke tanah airnya di bawah pimpinan raja Koresh. Koresh mendirikan kerajaan Persia yang bertahan selama dua abad. Ia merebut Babel pada tahun 539 SM dan kemudian membiarkan orang Yahudi kembali ke negeri mereka (lih. pasal Ezr 1:11).

Yang menarik dari bacaan kita hari ini adalah ketika Tuhan menceritakan kepada kita bahwa ternyata Koresh bukanlah seseorang yang mengenal Allah. Kisah kali ini berbeda dengan biasanya dimana Allah mengutus hamba-hamba yang mengenalNya seperti Musa, Yosua, Gideon, Samuel, dll. Koresh bukanlah seorang penyembah Allah. Walaupun ia tidak mengenal Allah, namun Allah mampu dengan kuasaNya memanggil, menggerakkan dan mempercayakan tugas besar memulangkan Israel.

Ini semua membuat kita melihat dan merenungkan bahwa Allah memang berdaulat atas hidup manusia. Termasuk terhadap diri orang-orang yang tidak mengenalNya, Allah tetap mampu menggunakan mereka untuk menjadi perpanjangan tangan Allah, menggenapkan rencana Allah atas suatu bangsa. Kita diajak untuk mengakui bahwa kuasa Allah tidak terbatas, dan rencana Allah jauh melebihi kemampuan kita untuk memikirkannya. Karena itu, jika saat ini bangsa dan negara kita sedang menghadapi banyak polemic yang sepertinya tidak berujung, janganlah putus asa. Kita tetap dapat mempercayai Allah dan kuasaNya. Seperti Ia menggunakan Koresh, Ia pun dapat menggunakan orang-orang dalam pemerintahan, yang sekalipun bukan penyembah Allah, untuk dapat mewujudkan rencana keselamatan Allah bagi bangsa kita. Tetaplah berdoa dan memohon kepada Allah.

Jika seorang yang tidak mengenal Allah seperti Koresh mampu digunakan Allah untuk mengerjakan misi Allah, maka marilah melihat kepada diri kita masing-masing sebagai orang percaya. Bukankah akan ada banyak hal, bahkan mungkin hal-hal yang lebih besar yang dapat Allah percayakan kepada anak-anakNya/hamba-hambaNya yang menyembah Dia? Yang dibutuhkan hanyalah kesediaan diri orang percaya untuk memenuhi panggilan Allah, taat dan setia mengerjakan misi yang Allah percayakan pada diri masing-masing, di tempat masing-masing.

Alangkah indahnya bila setiap orang percaya berlomba-lomba memenuhi panggilan Allah, akan ada lebih banyak misi Allah yang dapat dikerjakan bagi lebih banyak orang

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«