suplemenGKI.com

Rabu 11 Juli 2012

10/07/2012

Mazmur 85:1-14

Pemulihan Dari Tuhan

 

Pemazmur mengungkapkan bahwa Tuhan itu yang memilih keturunan Yakub, Tuhan itu pulalah yang mengampuni mereka yang bersalah kepadaNya. Tuhan juga mau memulihkan keadaan bangsa / orang yang percaya ketika mereka bertobat.

  1. Apa yang dipahami oleh pemazmur pada bagian ini?
  2. Apa yang diharapkan oleh pemazmur tentang orang-orang yang percaya?
  3. Apa dampak dari orang-orang yang percaya hidup benar di hadapanNya?
  4. Pelajaran apa yang dapat diambil dari bacaan ini?

 

Renungan

Mazmur ini dibagi menjadi 2 bagian, bagian Pertama (ay 1-8), menyatakan bahwa Tuhan bersedia meredakan amarahNya yang menyala-nyala, ketika mereka mengakui kesalahan dan dosa-dosa mereka. Bagian ini juga menyatakan permohonan pemazmur untuk Tuhan supaya umatNya dapat bersuka-cita kembali dan hidup di dalam kasih setia Tuhan.

Bagian kedua (ay 9-14), diawali dengan tekad pemazmur untuk mendengar apa yang difirmankan Tuhan, serta menyakini bahwa Tuhan mengasihi umatNya dan berharap bahwa umatNya tidak melakukan kebodohan lagi atau mengulang dosa-dosanya.

Bagi umat yang telah diampuni dosa-dosanya, Tuhan akan memulihkan keadaanya bahkan memberikan kemulian kepadanya. Umat yang hidupnya takut akan Tuhan akan mendapatkah kasih dan keadilan Tuhan, Tuhan juga memberkati umatNya di negeri dimana mereka diam, bahkan hasil tanahnyapun juga diberkatiNya.

Pemazmur mengajarkan beberapa hal untuk kita antara lain: Pertama, berani mengakui kesalahan dan dosa-dosa kita dihadapan Tuhan.  Hal ini biasanya sulit sekali karena kebanyakan orang yang berbuat dosa sadar dengan apa yang dilakukannya. Maka kalau ada orang yang mau menyadari dosa-dosa maka ia akan mengalami hidup baru dihadapan Tuhan.  Kedua, menyadari bahwa Tuhan mau mengampuni dosa-dosa kita. Banyak orang yang berdosa yang tidak menyadari hal ini, sehingga mereka semakin terpuruk hidupnya dan tidak percaya kalau Tuhan mengampuni dosa-dosanya yang banyak itu. Ketiga, Tuhan akan memulihkan kita dan bahkan akan memberkatinya. Inilah janji yang diberikan Tuhan kepada umat yang mau bertobat, Tuhan bukan saja mengampuni dosanya namun Tuhan juga memulikan keadaannya. Keempat, umat yang telah dipulihkanNya dan tetap hidup dalam takut akan Dia maka kasih setia, damai sejahtera dan keadilan akan mewarnai hidupnya. Orang yang telah dipulihkan seharusnya tidak hidup lagi dalam dosa, namun hidup dalam anugerahNya. Ia akan hidup dalam kasih, damai dan memperjuangkan keadilan dimana ia berada.

Pemulihan dari Tuhan sangatlah penting bagi setiap orang yang percaya, namun menghidupi kasih Tuhan itu lebih penting, karena dengan berbuat demikian kita akan dimampukan untuk berbuat keadilan dan membawa damai sejahtera bagi sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»