suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 139 : 1 – 12.

ALLAH YANG MAHA TAHU.

Mazmur 139 ini adalah sebuah pengakuan iman akan Tuhan, Allah yang Maha Tahu. Pokok iman ini cukup sering diakui dan ditegaskan dalam perjanjian lama dan menjadi sebuah pengakuan iman yang begitu dalam, yang menakjubkan, suatu sukacita, penyembahan, kepercayaan,  serta penyerahan diri kita kepada Tuhan.

Pertanyaan penuntun.

  1. Tuhan adalah Maha tahu. Seperti apa  keMaha Tahuan Tuhan dalam hidup manusia ? [ayat 1-12]
  2. Apa makma dari ke MahaTahuan Tuhan bagi  kita ?

RENUNGAN.

Tuhan itu Maha Tahu, itu berarti bahwa Tuhan mengetahui apa saja yang pemazmur [ kita ] perbuat entah ia duduk atau berdiri, berjalan atau berbaring [ayat 1-3]. Bahkan Tuhan mengetahui sedalam-dalamnya  dan sebenar-benarnya apa yang baik dan yang jahat yang diakukan manusia, bahkan Tuhan mengetahui apa yang ada di dalam hati manusia, pikiran, perkataan, dan semua perbuatan manusia. Bagi Tuhan tidak ada soal jarak atau waktu, Tuhan mengetahui segala-galanya yang ada dalam pikiran manusia maupun yang ada dalam hati manusia. Bahkan setiap peristiwa yang terjadi dan yang akan terjadi tidak pernah tersembunyi dari Tuhan. Hal itu memberikan pelajaran berharga bagi kita orang percaya, yaitu.

  1. Bahwa apapun yang kita perbuat di ketahui oleh Tuhan.
    Karena segala sesuatu di ketahui Tuhan, maka kita tidak bisa menyembunyikan dosa-dosa dan kesalahan kita. Kita tutup-tutupi serapi apapun dosa kita, dimana tidak seorangpun yang tahu kalau kita sedang menyembunyikan dosa, hal itu tidak berlaku bagi Tuhan. Tuhan tetap tahu kalau kita sedang menyembunyikan dosa, bahkan sedang merancang untuk berdosapun Tuhan juga sudah tahu. Dan kita semua pasti sudah tahu apa akibat dari dosa.
  2. Bahwa apapun yang kita perbuat harus dipertanggungjawakan. KeMahatahuan Tuhan seharusnya membuat kita semakin berhati-hati berbuat, berkata-kata dan bersikap, karena semua yang kita lakukan kelak akan kita pertanggungjawabkan dihadapan Tuhan dan kita tidak bisa mengelak karena semua telah di ketahui Tuhan.
  3. Bahwa kita harus bersyukur karena Tuhan adalah Maha Tahu.
    Kita harus mengucap syukur karena Tuhan itu Maha Tahu, sehingga IA tahu apapun yang kita kerjakan, pikirkan, dan kita tidak pernah lepas dari perhatian Nya. Itu berarti ke Maha tahuanNya juga berfungsi untuk melindungi kita, sehingga kita merasa aman dalam lindungan Tuhan.
    Bagaimana dengan saudara ? apakah saudara menjalani hidup dengan sembrono atau dengan menjaganya sesuai dengan kehendak Tuhan ? amin.

 “Waspadalah dan berhati-hatilah dalam menjalani hidup ini karena Tuhan kita Maha tahu”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«