suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 50:1-6

 

ALLAH HAKIM YANG ADIL

 

PENGANTAR
Mazmur 50 mengisahkan sebuah upacara yang menggambarkan kehadiran TUHAN ditengah-tengah umat-NYA. TUHAN hadir untuk mengadili umat yang dikasihi-NYA. TUHAN sendiri mengambil peran sebagai hakim atas umat-NYA, dan langit bumi menjadi saksi atas pengadilan itu.

PEMAHAMAN
Ayat 1-5: Mengapa kehadiran Allah digambarkan dengan begitu dasyat oleh pemazmur?

Ayat 6: Siapakah yang akan menjadi hakim atas umat Allah?

Pemazmur dalam nyanyiannya memberikan gambaran tentang kehadiran Allah sebagai hakim atas umat-NYA. Kedahsyatan kehadiran Allah sebagai hakim ditengah-tengah umat-NYA digambarkan oleh pemazmur untuk menegaskan kekuasaan Allah atas alam semesta. Tujuan Allah hadir ditengah-tengah umat sebagai hakim adalah untuk mempertanyakan kesetiaan umat terhadap perjanjian-NYA. Allah adalah Allah yang setia dan sangat mengasihi umat. Namun Allah adalah Allah yang adil. Tidak ada perbuatan baik atau buruk yang lepas dari perhatian-NYA. Hal itu sebenarnya harus memotivasi umat untuk hidup takut akan Allah.

Pada saatnya nanti, semua orang akan dihakimi berdasarkan apa yang mereka lakukan. Masa penghakiman menjadi waktu yang tengah dinantikan umat. Allah akan datang dalam diri Yesus Kristus ke dunia. Dia akan menghakimi semua orang dengan keadilan tanpa terkecuali.

 

REFLEKSI
Sudahkah kita siap pada kedatangan Kristus sebagai hakim? Sudahkah kita hidup berkenan dihadapan Allah? Sudahkah kita setia pada perjanjian-NYA? Sudahkah sikap hidup kita mencerminkan sikap hidup yang takut akan Allah?

 

TEKADKU
Ampuni kami ya Allah jika diwaktu kehidupan  yang Engkau anugerahkan kepada kami, kami masih hidup dalam kedagingan. Ajar kami memanfaatkan waktu yang Engkau berikan dengan baik. Mampukan kami hidup berkenan dihadapan-MU. Kuatkan kami agar tidak terikat pada kedagingan kami. Mampukan kami untuk memberi diri dipimpin oleh Roh. Amin

 

TINDAKANKU
Belajar memanfaatkan waktu dengan baik. Memberi diri untuk dipakai dalam pelayanan. Belajar memperhatikan sesama yang hidup dalam kesusahan.

 

———————————————————-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*