suplemenGKI.com

KETIKA DITOLAK

Lukas 4 : 16 – 30

 

PENGANTAR
Apakah anda pernah ditolak ? Mungkin karena status sosial ekonomi atau karena latar belakang kita. namun ketika kita mendapat penolakan rasanya sakit sekali. Karena penolakan dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri, marah bahkan depresi, sehingga akan muncul pertanyaan, “apa yang salah dengan saya”.
Renungan hari ini mengupas tentang mengapa Yesus ditolak ?

PEMAHAMAN

  1. Mengapa Yesus ditolak di daerah asal-Nya ? ( ayat 16-28 )
  2. Bagaimana sikap Yesus terhadap penolakan tersebut ? ( ayat 29-30 )

Bacaan Injil menurut Lukas hari ini mengajak kita untuk menyaksikan sambutan masyarakat Nazaret ketika Yesus pulang ke kampung halaman-Nya dan berkotbah di rumah ibadat pada hari Sabat. Ketika Ia berdiri hendak membaca dari Alkitab, kepada-Nya diberikan kitab Yesaya. Yesus membaca dari Yesaya 61 : 1-2 yang mengatakan “Roh Tuhan ada pada-Ku oleh sebab Ia telah mengurapi Aku…..” dst. (ayat 18-19 ). Kemudian di ayat 21 Yesus berkata, “Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya”. Kalimat yang diucapkan Tuhan Yesus di sini hendak menyatakan, tentang diri-Nya sendiri bahwa Ia adalah Mesias yang diutus oleh Allah Bapa.

Dari kotbah atau pengajaran Yesus di Nazaret ada tiga respon dari masyarakat Nazaret. Yang pertama : Masyarakat Nazaret menyimak dan mendengarkan kotbah Yesus dan terheran karena Yesus berkata–kata penuh hikmat ( ayat 22 ). Kedua : Masyarakat Nazaret menolak Yesus karena anak tukang kayu (ayat 22 ). Ketiga : Masyarakat Nazaret marah dan hendak membunuh Yesus (ayat 28-29).

Mendapat respon penolakan yang sangat keras dari masyarakat Nazaret Yesus pergi meninggalkan mereka (ayat 30). Yesus pergi dari kemarahan masyarakat Nazaret untuk membawa kasih yang membebaskan. Penolakan tak mengurangi kualitas karya-Nya dalam menabur kebaikan. Dan kita diajar untuk meneladani apa yang dilakukan Yesus.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Apakah anda pernah mengalami penolakan ? Bagaimana perasaan anda ketika ditolak ? Apakah penolakan menghentikan anda untuk berbuat baik ?

TEKADKU
Ya Tuhan, kami berterima kasih untuk teladan baik-Mu. Walaupun Engkau ditolak namun Engkau tetap menabur kebaikan dan kasih. Tolonglah kami untuk dapat melakukan Firman-Mu. Amin.

TINDAKANKU
Saya akan berdoa dan mengasihi orang yang pernah menolak aku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«