suplemenGKI.com

“POKOK-POKOK DOA DAN DOA YANG POKOK”

PENGANTAR

Orang-orang Kristen kadang bertanya, “Bagaimana seharusnya saya berdoa? Apa yang harus saya doakan?” Kita perlu belajar dari doa-doa Rasul Paulus, sebab doa-doanya sangat banyak berisi pelajaran dan sering berfungsi sebagai suatu teguran mengenai cara berdoa banyak orang Kristen.

 PEMAHAMAN

1. Ayat 3-8: Apa inti ucapan syukur Paulus dalam rangkaian ayat-ayat ini setelah mendengar tentang jemaat Kolose?

2.   Ayat 9-10a: Kenyataan yang sudah didengar dan disyukuri Paulus tentang kondisi jemaat Kolose, ternyata tidak membuatnya berpuas diri dan berhenti sampai disitu. Melainkan masih ada doa dan kerinduan Paulus yang disampaikan melalui doanya.  Apa inti doa Paulus di ayat ini?

3.   Ayat 10b-13: Apa tujuan Paulus berdoa seperti di ayat 9?

RENUNGAN

Di bagian awal suratnya kepada jemaat Kolose, rasul Paulus bersyukur kepada Allah untuk iman dan kasih mereka (1:3-8). Paulus mendengar berita tentang iman mereka kepada Kristus dan ia sangat bersukacita karena buah iman Kristen yang mereka hasilkan.

Banyak orang dalam tugas pemberitaan Injil dan pelayanan kadang mudah puas sampai dengan hal ini saja. Namun belajar dari doa Paulus, kita melihat bahwa ada hal yang penting dan tidak boleh dilupakan yaitu untuk pertumbuhan rohani orang yang sudah menerima Injil, bahkan orang yang sudah melayani.  Itulah sebabnya Paulus berdoa untuk pertumbuhan rohani yang lebih baik lagi, hikmat dan pengertian yang lebih baik akan Kristus, karena tanpa hal tersebut orang-orang Kristen akan menjadi mandek dan tidak produktif.

Hanya orang Kristen yang bertumbuh akan mampu memahami kebenaran-kebenaran Allah dan mampu menerapkannya ke dalam kehidupan nyata, termasuk ketika mereka menghadapi penderitaan, sama seperti jemaat Kolose.  Mereka akan mampu menghadapinya dengan kekuatan dari Allah, ketekunan dan kesabaran serta ucapan syukur.

REFLEKSI

Bayangkan jika Anda berada di Surga dan menjadi seperti Yesus yang mendengar doa umatNya, kira-kira jika mau dibuat semacam urutan, doa untuk apa yang paling banyak dinaikan oleh umat Tuhan pada umumnya? Sekarang ini, kehidupan doa banyak orang Kristen terutama berpusat pada logistik, pada kesehatan dan urusan-urusan kekayaan.

TEKADKU

Tuhan Yesus, kami malu jika melihat isi doa kami yang lebih banyak diwarnai dengan kehendak-kehendak kami daripada menyelaraskan diri dengan kehendakMu. Lebih banyak tuntutan terhadap Tuhan daripada menuntut diri kami untuk hidup menyenangkanMu dengan buah-buah iman kami yang kelihatan. Ingatkan kami terus Tuhan untuk berdoa agar kami menjadi orang Kristen yang bertumbuh, mengenal Engkau semakin baik dan semakin dekat. Beri kami kekuatan untuk mengerjakan pertumbuhan iman kami.

TINDAKAN

Berdoa seperti doa Paulus, berdoa untuk pertumbuhan rohani Anda dan para pelayan Tuhan, serta orang-orang di sekitar Anda yang baru saja menerima Injil.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

  • jantje ngangi says:

    Puji Tuhan…terima kasih untuk pembelajaran yg sangat berharga untuk sy pribadi dan pelayanan…
    Luar biasa karya Tuhan yg membentuk setiap orang percaya untuk selalu mengucap syukur dan berdoa sesuai kehendak Tuhan…Thx GBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*