suplemenGKI.com

Mazmur 139: 1-6

TUHAN MAHA TAHU

 

Pengantar
Kitab Mazmur adalah kitab terpanjang di dalam Alkitab Ibrani. Kitab ini berisi nyanyian pujian, doa untuk pertolongan Tuhan, dan syair yang menyatakan kepercayaan umat kepada Tuhan. Di kitab ini juga dinyatakan berbagai perasaan yang ada pada manusia. Seperti yang diungkapkan dalam bacaan kita, pemazmur menyatakan rasa takjubnya atas pengetahuan Tuhan yang luar biasa atas manusia dan mengakui kepapaannya di hadapan Tuhan.

Pemahaman

  1. Apa yang dinyatakan pemazmur tentang Tuhan yang maha tahu di dalam ayat 1-5?
  2. Apa yang menjadi pengakuan pemazmur atas pemahamannya tentang Tuhan di ayat 6?

Manusia adalah makluk ciptaan Tuhan. Oleh karena itu tidak ada yang tersembunyi di hadapan Tuhan. Inilah yang diakui pemazmur atas Tuhan yang maha tahu. Dalam ayat 1, pemazmur nyatakan bahwa Tuhan menyelidiki dan mengenal kita. Artinya Tuhan memperhatikan setiap tingkah laku, perkataan dan pikiran kita. Bahkan di ayat selanjutnya, pemazmur nyatakan segala hal yang kita kerjakan dan kita pikirkan sungguh diketahui oleh Tuhan. Tak ada satu pun hal yang dapat kita sembunyikan di hadapan Tuhan. Bahkan dengan pengetahuan itu, Tuhan menjaga dan membimbing manusia sehingga manusia dapat tetap di jalanNya.

Oleh karena itu, pada ayat 6, pemazmur mengakui terlalu ajaib pengetahuan Tuhan dan ia merasa sungguh tak berdaya di hadapan Tuhan. Ini merupakan pengakuan iman yang penuh ketakjuban dan kerendahan hati akan pengetahuan Tuhan. Dengan demikian, pemazmur memperlihatkan bahwa ia akan hidup berpasrah kepada Tuhan dan selalu berpedoman hanya kepada Tuhan.

Hal ini kadang kita lupakan dalam perjalanan hidup sebagai umat Tuhan. Kita hidup sesuka hati kita tanpa menyadari bahwa Tuhan mengetahui setiap hal yang kita pikirkan, katakan dan kerjakan. Pemazmur mengingatkan kita bahwa Tuhan maha tahu, jadi kita terpanggil untuk menjalani hidup dengan sebaik-baiknya dan selalu berusaha rendah hati untuk melalukan kehendak Tuhan karena kita bisa menyembunyikan apa pun dari orang di sekitar kita tapi tidak di hadapan Tuhan.

Refleksi
Tuhan mengetahui setiap tingkah laku kita dan ini seharusnya membuat kita semakin hidup berkenan kepada Tuhan. Membuat hidup kita semakin berarti dan tidak menyia-nyiakan setiap kesempatan yang Tuhan percayakan kepada kita. Karena Tuhan maha tahu, maka kita akan mengupayakan yang terbaik dalam setiap aspek kehidupan kita.

Tekadku
Ya Tuhan, jadikanlah kami umat-Mu yang selalu hidup berkenan kepada-Mu. Karuniakanlah kerendahan hati sehingga kami hidup tidak seturut kehendak kami tapi berpadanan dengan kehendak Tuhan. Buatlah kami hidup semakin berarti dengan tidak menyia-nyiakan setiap waktu yang Tuhan percayakan kepada kami.

Tindakanku
Semakin berhati-hati dalam bertindak sehingga lewat pikiran, perkataan dan perbuatan tidak mengecewakan Tuhan karena Tuhan melihat setiap apa yang kita kerjakan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«