suplemenGKI.com

Rabu, 10 April 2019

09/04/2019

HIDUP MENELADANI KRISTUS

Filipi 2 : 5 – 11 

Pengantar
Dalam banyak kesempatan dan dari berbagai media informasi/berita, kita diberi kesaksian (baca: tontonan) dan kisah teladan hidup dari orang-orang yang memiliki pengalaman, perjuangan, dan karya hidup yang luar biasa (baca: menginspirasi). Dan karena pengalaman dan karya hidup mereka yang bermakna bagi orang lain maka mereka patut kita hargai bahkan kita teladani. Namun terlepas dari adanya teladan dari orang-orang tertentu kepada kita, sebagai orang yang percaya kepada ALLAH di dalam TUHAN YESUS Kristus, kita diajak untuk melihat Pribadi Kristus sebagai teladan hidup yang sejati. Bacaan Alkitab hari ini, yaitu: surat Filipi 2 : 5 – 11 kiranya membawa (baca: menuntun) kita untuk menjadikan teladan Kristus sebagai inspirasi yang pertama dan terutama bagi pribadi kita dan semua orang.

Pemahaman
Ayat  5 – 8           :  Teladan apa yang TUHAN YESUS tunjukkan kepada kita?
Ayat  9 – 10         :  Apa yang ALLAH Bapa nyatakan kepada TUHAN YESUS, Putra-NYA?

Rasul Paulus menyampaikan kepada Jemaat TUHAN di Filipi agar dalam hidup bersama yang mereka jalani, mereka menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam TUHAN YESUS Kristus, yang walaupun dalam rupa ALLAH, tidak menganggap kesetaraan dengan ALLAH itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-NYA sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, IA telah merendahkan diri-NYA dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah teladan yang telah TUHAN YESUS tunjukkan kepada kita, dan menjadi inspirasi yang pertama dan terutama bagi hidup kita, yaitu sikap taat dan merendahkan diri di hadapan ALLAH, juga pengorbanan-NYA.

Atas segala karya pengabdian dan pengorbanan yang TUHAN YESUS Kristus lakukan, ALLAH sangat meninggikan-NYA dan mengaruniakan kepada-NYA nama di atas segala nama, supaya dalam nama TUHAN YESUS bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “YESUS Kristus adalah TUHAN,” bagi kemuliaan ALLAH, Bapa! Hal ini memperlihatkan betapa sebuah ketaatan dan hidup merendahkan diri (baca: menghamba/mengabdi) kepada ALLAH dan rencana-NYA membawa pada sebuah kemenangan sejati dan memulian ALLAH, Bapa.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan: Apakah kita telah hidup meneladan TUHAN YESUS? Dalam ketaatan dan kerendahan hati, serta pengorbanan-NYA.

Tekad
Ya ALLAH, ajarlah dan bentuklah aku untuk menjadi pribadi yang rendah hati dan taat kepada TUHAN, serta berkarya seperti Kristus.

Tindakanku
Mulai hari ini, aku akan berusaha mewujudkan sikap taat dan rendah hati serta sedia berkorban bagi kemuliaan ALLAH dan kebahagiaan sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«