suplemenGKI.com
Pertolongan Tuhan

Pertolongan Tuhan

Mazmur 70:2-6

Persembahan, Pelayanan, Syukurku Adalah Mengingat Pertolongan Tuhan

            Kecenderungan dari setiap orang adalah ingin agar kebutuhan, keperluan dan kemauannya sesegera mungkin dapat terealisasi atau dituruti. Suatu kali seorang anak usia tujuh tahun  meminta kepada ayahnya untuk membeli sebuah sepeda gunung. Hal itu termotivasi ketika ia melihat di televisi sedang ngetren olahraga sepeda gunung. Kemudian ayahnya berkata, “ya, ayah pasti akan membelikannya nanti kalau usiamu sudah lima belas tahun” Tetapi anak itu berkata, “tidak aku mau sekarang, supaya kalau nanti aku sudah berumur lima belas tahun bisa langsung memakainya untuk berolahraga gunung” Coba saudara bayangkan, jika ayahnya membelikan sepeda gunung di saat anaknya baru berusia tujuh tahun, berapa tahun sepeda itu harus menunggu untuk dipakai sampai anak itu berusia lima belas tahun? Paling tidak delapan tahun bukan? Silahkan anda pikirkan, kira-kira apa yang akan terjadi dengan sepeda gunung itu sampai delapan tahun ke depan. Mungkin bisa rusak karena tidak dipakai, mungkin hilang karena tidak diperhatikan atau bisa juga dijual dari pada nganggur. Ya itulah manusia kecenderungannya selalu ingin cepat tetapi belum tentu yang tepat. 

Pertanyaan-Pertanyaan Penuntun:

  1. Apa maksud pemazmur dengan ungkapan yang seolah-olah sangat mendesak di ayat 2,6?
  2. Jika anda bayangkan, separah apakah penderitaan pemazmur oleh musuh-musuhnya? (Lih. 3-4)
  3. Apa sebenarnya latar belakang permohonan pemazmur yang sesungguhnya? (lih. 5)   

Renungan:

            Mazmur 70 ini seolah mengungkapkan suatu keadaan yang sangat mendesak dan segera harus ditolong karena mengalami penderitaan, ancaman dan keterpurukan oleh musuh-musuh, yang tidak bisa ditoleransi lagi dari sipemazmur. Namun ketika kita melihat  judul (ay.1) sebenarnya bagian ini diucapkan pada waktu pemazmur melakukan upacara persembahan korban peringantan. Dari kondisi itu maka sebenarnya ungkapan pemazmur yang seolah Allah harus segera menolong dia, adalah sebuah anamnesi atau pengingatan kepadanya agar terus-menerus ingat bagaimana Tuhan itu tidak pernah terlambat dalam menolongnya ketika ia mengalami kemendesakan pada waktu musuhnya ingin membunuhnya. Pernyataan yang bernada segera itu lebih menunjuk pada sebuah ungkapan keyakinan pemazmur yang sangat kuat kepada Allah yang adalah sumber pertolongannya.
            Kita sering membaca, betapa parahnya Daud ketika ia mengalami ketidakadilan dari Saul. Dia bahkan dikejar-kejar bak seorang buronan teroris. Tidak peduli di gua, di persembunyian dan di hutan Daud dikejar-kejar oleh Saul yang sangat ingin membunuhnya. Begitu juga ketika ia hampir-hampir dikudeta oleh Absalom anaknya sendiri, yang bersekongkol dengan sahabat-sahabat Daud (2Sam 15-16) dalam keadaan demikian jelas pengharapan daud hanya pada Allah, dan pertolongan Allah selalu tepat pada waktunya.
            Khusus di ay. 5 kita menjumpai Daud berbicara seolah mewakili semua orang, yang tentunya merasa mengalami pertolongan Tuhan dalam hidupnya. Ada dua tujuan ungkapan Daud di ayat 5. Pertama: Setiap orang yang telah mengalami pertolongan Tuhan dalam hidupnya wajib untuk selalu bergirang, bersukacita dan bersyukur. Tidak hanya bergirang, bersukacita dan bersyukur pada saat ditolong saja, tetapi senantiasa. Kedua: Setiap orang yang hidupnya diselamatkan di dalam Tuhan karena anugerahNya harus selalu mengakui kebesaran Tuhan di mulutnya dan menyatakan kebesaran Tuhan melalui perbuatannya (persembahan/ibadah dan pelayanannya) Itulah yang telah dilakukan Daud secara pribadi. Dan dia juga ingin agar setiap orang yang sudah mengalami anugerah Allah dalam hidupnya juga melakukan hal yang sama.
            Saudara, kapan terakhir engkau bergembira, bersukacita dan bersyukur karena engkau telah mengalami keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus? Mari kita belajar seperti Daud untuk selalu mengingatkan dirinya agar tidak lupa bersyukur, bergembira dan melayani karena mengingat pertolongan Tuhan yang ajaib dalam hidup kita. Amin.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*