suplemenGKI.com

Rabu, 24 Oktober 2012

Mazmur 126:1-3

Pernahkah Saudara tercengang karena mendapatkan berkat TUHAN yang tak terduga? Sesungguhnya dalam kehidupan setiap hari ada banyak berkat TUHAN yang bisa membuat kita tercengang sehingga kita semakin mengagumi TUHAN dan semakin beriman kepada-Nya.

Bacaan hari ini adalah Mazmur yang menggambarkan kebahagiaan bangsa Israel karena mengalami perkara besar yang belum pernah terjadi dalam kehidupan mereka.

Pendalaman Teks Alkitab


• Perkara besar apakah yang telah dilakukan TUHAN kepada bangsa Israel?
• Bagaimana keadaan umat Israel yang sudah dipulihkan TUHAN?
• Bagaimana umat TUHAN merespon perkara besar yang terjadi dalam hidup mereka?
• Perkara besar apakah yang mencengangkan dalam hidup saudara?
Ingat dan daftarkanlah berkat TUHAN Saudara alami dalam seminggu ini. Adakah yang membuat Saudara tercengang dan bersukacita?

Renungan

Mazmur ini dilatarbelakangi keadaan umat Israel yang baru kembali dari pembuangan dan mengalami banyak kesusahan. Dalam ayat 1-3, umat dengan rasa syukur ingat akan pulangnya dari pembuangan namun sayangnya keadaan di tanah air sangat mengecewakan. Syukurlah mereka ingat akan janji TUHAN yang memulihkan. TUHAN memulihkan keadaan umat di Sion dari keadaan yang menyedihkan menjadi keadaan yang sejahtera dan baik. Sebagian dari pemulihan ini terjadi pada tahun 701 SM ketika ancaman Sanherib untuk menyerbu Yerusalem digagalkan sebagai penggenapan nubuat dan bangsa-bangsa di sekitar Yehuda mengirim hadiah kepada Hizkia (IITaw 32:22-23). Pemulihan yang lebih besar terjadi ketika orang Yahudi kembali ke Yerusalem dari Babel pada tahun 538 SM. Karya pemulihan dari TUHAN adalah kenyataan anugerah-Nya yang menerobos benteng-benteng kesulitan yang membelenggu. Itulah latar belakang mazmur ini. Pemulihan Israel dari pembuangan ke Tanah Perjanjian adalah kejutan membahagiakan bagaikan mimpi. Inilah sebuah perubahan keadaan yang menakjubkan; begitu mencengangkan.

Bagi banyak orang, mimpi sering kali hanya sekadar angan-angan yang belum tentu tercapai. Atau bagi orang modern, mimpi merupakan cita-cita atau visi untuk diwujudkan dengan perencanaan yang baik dan kerja keras. Namun bagi umat TUHAN, mimpi dipulihkan TUHAN adalah kenyataan. Betapa tidak! Di tengah kesulitan hidup yang mendera, mereka mengalami pertolongan TUHAN yang mencengangkan. Inilah kejutan yang mereka alami. Mereka menjadi orang yang merdeka dan mendiami tanah milik pusaka yaitu Sion. Mereka menyadari bahwa kekuatan dan kuasa TUHAN-lah yang melakukan perkara besar ini. Perkara besar yang dilakukan TUHAN atas umat-Nya membuat bangsa-bangsa yang tadinya mengolok-olok, kini dengan sadar berkata “TUHAN telah melakukan perkara yang besar bagi orang-orang ini”. Ini menjadi kesaksian indah bagi bangsa-bangsa lain dan pengakuan yang besar bagi umat-Nya sendiri tentang TUHAN.

Adakah perkara besar karya TUHAN yang mencengangkan Saudara? Di dalam kehidupan setiap orang yang percaya, TUHAN hadir dan memberikan berkat yang mungkin lain dari idaman hatinya, namun lebih berharga dari cita-citanya. Terkadang kita tercengang menyaksikan pemulihan yang terjadi dalam hidup ini, misalnya kita sembuh dari sakit, kehidupan yang harmonis dalam keluarga, berkat yang terus mengalir. Oleh karena itu marilah menaikkan rasa syukur kepada TUHAN dengan sorak-sorai dan memuliakan nama Tuhan dalam seluruh aspek kehidupan kita.

Orang beriman akan selalu tercengang dan penuh syukur menyaksikan karya kasih TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*