suplemenGKI.com

[Lukas 19 : 1-10]

Cukup banyak orang Kristen yang sudah menjadi anggota gereja selama bertahun-tahun, bahkan setiap hari Minggu rajin datang ke gereja, entah karena kebiasaan atau kewajiban, namun kehidupan sehari-hari mereka seringkali diwarnai cekcok bahkan tidak jarang terjadi kekerasan dalam rumahtangga. Demikian pula tidak sedikit orang Kristen yang terlibat dalam obat-obatan terlarang, melakukan kejahatan maupun kecurangan-kecurangan dalam pekerjaannya. Hidup mereka belum berubah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Kemungkinan besar mereka belum mengalami perjumpaan yang sangat pribadi dengan Tuhan.
Dalam Lukas 19:1-10, Zakheus seorang kepala pemungut cukai ingin melihat Yesus secara diam-diam. Tetapi karena tubuhnya pendek, ia naik ke atas pohon ara. Namun Yesus tahu, sehingga Ia memanggil Zakheus. Kata-kata Yesus tidak menunjukkan kemarahan atau kritik. Ia hanya berkata bahwa Ia harus menumpang di rumah Zakheus. Menumpang berarti bermalam, makan dan tidur. Makan merupakan simbol persekutuan yang mendalam, sehingga orang-orang Yahudi yang saleh tidak mau menumpang di rumah pemungut cukai yang dianggap berdosa itu. Perjumpaan pribadi Zakheus dengan Yesus serta penerimaan Yesus oleh Zakheus di rumahnya menggerakkan hati Zakheus untuk melakukan pembaharuan hidup yang drastis. Zakheus akan memberikan setengah dari miliknya dan mengembalikan apa yang sudah diperasnya dari rakyat empat kali lipat.
Perjumpaan pribadi dengan Yesus dapat terjadi dimana-mana di rumah, di gereja, sedang berjalan ataupun sedang mengendarai kendaraan. Roh Kudus berbicara kepada kita baik melalui doa, pembacaan dan perenungan Alkitab, KKR ataupun cara-cara Tuhan sendiri.
Bagaimana dengan kita ? Sudahkah kita mengalami perjumpaan secara pribadi dengan Yesus yang membawa pembaharuan hidup kita ?
(m/a)

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*