suplemenGKI.com

Senin, 21 Juli 2014

Kejadian 29:15-28

Pengantar

Budaya instant mewarnai jaman ini. Hal ini berdampak pada semangat juang seseorang. Tidak semua orang mau berlelah-lelah berjuang untuk meraih sukses. Sebaliknya orang berharap mendapatkan apa yang diinginkannya dengan mudah, termasuk mendapatkan cinta seseorang. Kenyataannya tidak semua orang mendapatkan seorang yang dicintainya dengan mudah. Oleh karena itulah ada seseorang yang menggambarkan perjuangan cinta dengan lirik lagu: “Gunung yang tinggi ‘kan ku daki. Laut yang luas ‘kan ku seberangi”. Kita juga bisa melihat perjuangan cinta itu dalam kisah hidup Yakub.

Pemahaman

• Ayat 15-19 : Untuk apakah Yakub bekerja pada Laban? • Ayat 20 : Apakah yang dirasakan Yakub ketika bekerja selama 7 tahun pada Laban?

• Ayat 21-26 : Intrik apakah yang dilakukan Laban pada Yakub? Mengapa Laban melakukan semua itu? Bila Anda menjadi Yakub, apakah yang akan Anda lakukan menghadapi intrik Laban?

• Ayat 27-28 : Apakah perjuangan yang harus dilakukan Yakub untuk mendapatkan Rahel yang cintainya? Mengapa Yakub mau melakukan semuanya itu?

Perjuangan Yakub untuk mendapatkan gadis yang ia cintai sungguh tidaklah mudah. Bacaan hari ini menyajikan kisah percintaan yang penuh intrik. Yakub di tengah pelarian dan ketakutannya mengharapkan perjumpaan dengan Laban menjadi perjumpaan yang melegakan. Namun hal itu berujung pada kisah manipulasi yang lain. Ia dimanipulasi Laban. Lihatlah, Yakub harus berjuang keras untuk mendapatkan Rahel. Syukurlah cintanya kepada Rahel amatlah besar sehingga bekerja 7 tahun dirasa hanya seperti beberapa hari (ay. 20). Sesungguhnya cinta yang besar memberi semangat dan sukacita besar. Cinta memberi kekuatan untuk berjuang. Segalanya akan terasa ringan bila hati penuh cinta. Demikian pula bila hati kita memiliki cinta yang besar untuk TUHAN maka segala tantangan dan kesulitan dalam perjuangan karya iman akan bisa kita lalui dengan mudah.

Untuk mendapatkan seorang gadis yang ia cintai, Yakub harus bekerja keras 7 tahun lagi. Perjuangan ini memberikan gambaran kepada kita bahwa selain memiliki cinta yang besar, Yakub juga seorang yang menepati janji, tekun dan pekerja keras. Kita juga melihat bahwa ALLAH memberkati seluruh perjuangan, kerja keras dan ketekunan Yakub. Jika kita melihat secara utuh kisah percintaan dan kehidupan rumah tangga Yakub, maka kita akan melihat bagaimana perlindungan dan penyertaan ALLAH dinyatakan kepada Yakub. Di balik semua kerja keras dan perjuangannya menghadapi intrik Laban, ada tangan ALLAH yang terus menjaga dan memberkati.

Refleksi

Apakah Anda sedang bergumul dan memperjuangkan sesuatu? Apakah Anda merasakan perjuangan yang berat dalam pergumulan dan perjuangan itu? Ambillah waktu hening! Rasakan dan lihat kembali apakah ada cinta yang besar di hati? Bila ada cinta yang besar maka segala perjuangan seberat apa pun akan terasa ringan. Juga apakah Anda yakin bahwa ada ALLAH yang bekerja dalam perjuangan Anda?

Tekadku

TUHAN, kuatkan dan berkatilah aku dalam perjuangan hidupku. Berikanlah aku kekuatan dan cinta yang besar untuk melangkah dengan berani demi melanjutkan perjuangan hidupku.

Tindakanku

Mulai hari ini aku akan mengerjakan dan menghadapi apa pun dengan hati yang penuh cinta.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*