suplemenGKI.com

Minggu, 7 Juni 2009
PERCAYA KEPADA TUHAN YESUS
Yohanes 3:13-17

Nikodemus yang sulit mengerti pengajaran YESUS diyakinkan dengan memaparkan siapa sebenarnya YESUS yang sedang bercakap-cakap dengannya.


Ayat 13 : Siapakah yang dimaksud dalam penjelasan ayat ini?
Ayat14 -15 : Apakah hubungan ular tembaga dengan kehidupan kekal?
Ayat 16-17 : Apakah arti hidup kekal?

Renungan
Yohanes mengingat cerita dalam PL tentang hukuman yang diberikan TUHAN kepada bangsa Israel yang mengeluh dalam perjalanan di padang gurun. ALLAH mengirimkan ular-ular tedung yang mematikan. Lalu Israel bertobat dan meminta belas kasihan. Musa pun diperintahkan TUHAN untuk membuat ular buatan dan mengangkatnya tinggi-tinggi di tengah perkemahan. Dan barangsiapa memandang ular buatan itu disembuhkan. Yohanes memakai cerita ini sbagai perumpamaan untuk menjelaskan tentang YESUS yang juga harus ditinggikan. Jika orang memandang (mengarahkan hatinya ) dan percaya kepada YESUS, ia juga akan memperoleh hidup kekal.
Percaya kepada YESUS berarti percaya bahwa ALLAH mengasihi kita, memperhatikan dan memelihara kita serta mengampuni kita. Bagi orang Yahudi sulit untuk mempercayai hal itu. Orang Yahudi melihat ALLAH sebagai hakim dan manusia sebagai yang tertuduh di hadapan pengadilan-Nya. Padahal ALLAH merindukan anak-anak-Nya yang telah berbuat salah kembali kepada-Nya.
Untuk itulah ALLAH mengirimkan YESUS, Anak-Nya Yang Tunggal, ke dunia untuk menunjukkan betapa ALLAH sunguh-sungguh mengasihi manusia dan ingin menyelamatkan dunia. Sungguh betapa luas kasih ALLAH.
Apa yang dikatakan YESUS bisa dipercaya kebenarannya sebab IA adalah Anak ALLAH dan pikiran ALLAH ada di dalam diri-Nya. Ia mampu mengungkapkan kebenaran yang mutlak dari ALLAH. Dengan demikian kita perlu percaya dan menaati-Nya. Jika kita percaya kepada YESUS, maka kita akan mendapatkan hidup kekal. Hidup kekal memberikan kita damai dengan ALLAH, sesama, segala yang hidup dan diri sendiri. Hidup kekal memberikan manusia suatu kehidupan yang indah dan mengagumkan sekarang ini dan sekaligus memberi manusia kehidupan paling baik yang masih akan datang.
Apakah Saudara ingin mendapatkan hidup kekal? Percayalah kepada TUHAN YESUS dengan segenap hati dan hiduplah dalam iman percaya itu. Teruslah mendekat kepada-Nya dan dengarkanlah suara-Nya.
Akhiri perenungan hari ini dengan menyanyi KJ 387 bait 1,2.
Ku heran ALLAH mau membri rahmat-Nya padaku
Dan KRISTUS sudi menebus yang hina bagaiku
Refrein: Namun ku tahu yang ku percaya dan aku yakin ‘kan kuasa-Nya
IA menjaga yang kutaruhkan hingga hari-Nya kelak
Ku heran oleh rahmat-Nya hatiku beriman
Dan oleh kuasa sabda-Nya jiwaku pun tentram

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*