suplemenGKI.com

Kamis, 21 November 2013
Kolose 1: 9-14

Pengantar
Banyak orang tahu bahwa berolah raga akan menambah kesehatan dan kekuatan, namun apakah semua orang yang tahu tentang hal ini melakukan olah raga? Ternyata tidak semuanya. Hal ini membuktikan bahwa kecenderungan manusia adalah sekadar tahu namun sulit termotivasi untuk melakukannya, sehingga pengetahuan tidak mengubah cara hidupnya. Berbeda halnya dengan jemaat Kolose yang bertumbuh karena pengetahuan akan firman Tuhan telah mengubah cara hidup mereka.

Pemahaman
• Ayat 9 -12 : Apakah isi doa Paulus untuk jemaat Kolose?
• Ayat 13-14 : Mengapa Paulus berharap kehidupan jemaat Kolose dilayakkan dan dimampukan berbuah?

Berita pertumbuhan jemaat yang terdengar sampai ke telinga Paulus, menjadi dasar permohonan Paulus yang tiada putus-putusnya (ayat 9a). Pokok doa Paulus merupakan kebutuhan rohani yang sangat penting (ayat 9b). Pertama, memohon hikmat dan pengertian agar jemaat mengetahui kehendak ALLAH. Kedua, agar jemaat hidup layak dan berkenan di hadapan ALLAH (ayat 10a). Ketiga, agar jemaat memberi buah dalam segala pekerjaan baik, dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang ALLAH (ayat 10b). Keempat, agar jemaat diberikan kekuatan untuk dapat menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar (ayat 11a). Kelima, agar jemaat selalu mengucap syukur kepada ALLAH (ayat 12a). Melalui isi doa ini Paulus mengingatkan jemaat bahwa pertumbuhan dan perkembangan iman yang sekarang terjadi dalam jemaat semata-mata didasari oleh anugerah ALLAH yang telah memperbaharui hidup dan mengaruniakan status yang baru.

Keberadaan jemaat yang berakar dari persekutuan dengan Yesus KRISTUS akan bertumbuh dan berbuah di dalam anugerah kekuatan-Nya. Ucapan syukur jemaat lahir dengan sukacita karena menyadari bahwa pertumbuhannya adalah anugerah ALLAH (ayat 12). Bersumber dari anugerah dan oleh anugerah, demikian seharusnya jemaat TUHAN bertumbuh. Inilah pertumbuhan yang tidak cukup sekadar tahu, tetapi pengetahuan akan firman TUHAN akan mengubah cara hidup mereka.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah kembali bagaimana cara Anda menghadapi masalah? Apakah Anda menghadapi masalah dengan melakukan Firman TUHAN yang telah Anda ketahui? Di tengah segala tantangan dan kesulitan , apakah Anda terus bertumbuh dan berbuah dalam tuntunan Firman TUHAN?

Tekadku 
TUHAN, tolonglah aku untuk terus berpegang pada Firman-Mu di tengah perjuangan hidup ini. Jangan biarkan aku hanya tahu tentang anugerah dan janji-janji-Mu tapi biarlah itu memberiku semangat untuk terus bertumbuh dan berbuah.

Tindakanku
Setiap hari aku menyediakan waktu minimal 15 menit untuk belajar Firman TUHAN dan berupaya melakukannya walau di tengah kesulitan dan tantangan. Setiap hari aku akan berdoa memohon kuasa TUHAN memampukan aku untuk bertumbuh dalam iman dan pengharapan dan berbuah dalam pekerjaan baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*