suplemenGKI.com

Jumat, 1 Februari 2013
I Korintus 13:4-13 

Pengantar
Menurut saudara apakah nilai terbesar di dalam hidup ini? Menurut beberapa ekonom dan pebisnis, nilai terbesar dalam hidup adalah uang. Bagi pada politikus, nilai terbesar dalam hidup adalah jabatan dan kuasa. Bagi orang yang bergerak di bidang sosial, nilai terbesar adalah kesejahteraan masyarakat. Jadi manakah yang benar? Mari kita merenungkannya:

Pemahaman
Ayat 4-7 : Apakah sajakah karakter kasih?
Ayat 8-10 : Nilai apakah yang tak akan lenyap dari kehidupan ini?
Ayat 11- 13 : Apakah perbedaan cara pandang kanak-kanak dan orang dewasa?
Ayat 14 : Apakah nilai kehidupan yang paling besar?

Bagi jemaat Korintus, nilai terbesar di dalam hidup mereka adalah sanjungan, pengakuan, popularitas, dan status dalam jemaat. Semuanya itu diukur dengan karunia yang mereka miliki. Paulus menyadari kekeliruan ini. Paulus telah memperingatkan jemaat Korintus untuk tidak menjadikan pelayanan sebagai ajang memuaskan kepentingan diri sendiri apapun bentuknya. Kasih harus mendasari setiap tindakan pelayanan mereka. Karunia-karunia yang mereka miliki harus berlandaskan pada nilai terbesar yaitu kasih.

Sehebat apapun pelayanan yang dilakukan jemaat di Korintus dan sebanyak apapun mereka menggunakan karunia yang mereka miliki, jika mereka tidak mendasarkannya kepada kasih, mereka hanya memuaskan diri mereka sendiri. Paulus menasihatkan mereka supaya apapun yang mereka lakukan dengan karunianya harus bermuara pada kesabaran, kemurahan hati, kerendahan hati, kesopanan, kepentingan bersama, kejujuran, dan kebijaksanaan. Jika kasih menjadi nilai terbesar dalam hidup mereka, semua tindakan itu akan nampak dalam pelayanan mereka. Mereka tidak akan mencari sanjungan, pengakuan, popularitas, dan status dalam jemaat.

Mengarah ke manakah karya hidup dan pelayanan Saudara? Saudara akan memberikan persembahan karya hidup dan pelayanan terbaik apabila menjadikan kasih sebagai nilai terbesar dalam hidup.

Refleksi
Mari memejamkan mata dan bertanya dalam diri: apakah nilai terbesar dalam hidupku? Apakah kasih sudah menjadi nilai terbesar dalam hidupku? Apakah aku telah berjuang untuk mewujudkan karakter kasih dalam karya hidup dan pelayananku?

Tekadku 
TUHAN, tolonglah agar aku dapat memulai hidup baru dengan mewujudkan karakter kasih ( sabar, murah hati, tidak cemburu, tidak memegahkan diri dan tidak sombong, tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan bagi diri sendiri, tidak pemarah, tidak menyimpan kesalahan orang lain, tidak bersukacita karena ketidakadilan tetapi karena kebenaran, mampu menutupi segala sesuatu yang tidak baik dengan kebaikan, percaya segala sesuatu yang baik ada dalam setiap tindakan , mengharapkan segala sesuatu yang baik dalam setiap tindakan, sabar menanggung segala sesuatu ) dalam setiap karya hidup dan pelayanan.

Tindakanku 
Mulai hari ini aku akan selalu mengevaluasi diri untuk melihat apakah telah mampu mewujudkan karakter –karakter kasih dalam setiap karya hidup dan pelayanan.

  • Karakter kasih yang telah menyatu dalam karya hidup dan pelayananku. Contoh:  Sabar
    1.
    2.
    Dst
  • Karakter kasih yang belum kulakukan dan ingin kuperjuangkan untuk selalu dapat kulakukan
    Contoh:  Percaya segala sesuatu
    1.
    2.
    Dst
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*