suplemenGKI.com

MENYUSURI PADANG GURUN KEHIDUPAN

Markus 1:9-15

 

Pengantar
Hari  ini kita memasuki Minggu Prapaskah 1. Bacaan Alkitab hari ini mengajak kita untuk menghayati perjalanan hidup beriman bagaikan menyusuri padang gurun kehidupan yang penuh godaan atau pencobaan seperti yang dialami Yesus di awal masa pelayanannya. Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat 9-11 : Mengapa peristiwa baptisan Yesus diikuti suara Sorgawi yang mengakui Yesus sebagai Anak yang diperkenan Allah?
  • Ayat 12-13: Apa hubungan peristiwa baptisan Yesus dengan pencobaan di Padang gurun?
  • Ayat 14-15: Apa hubungan kisah pencobaan dipadang gurun dengan karya pemberitaan Injil yang dilakukan Yesus? 

Injil mengisahkan baptisan Yesus diikuti peristiwa menakjubkan yaitu langit terkoyak, Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya dan terdengar suara Sorgawi yang memproklamasikan Yesus sebagai Anak Allah. Kisah ini menegaskan bahwa Yesus adalah Anak Allah yang berkenan dihadapan Bapa-Nya. Hal ini terlihat jelas dalam kisah pencobaan di padang gurun.

Injil  Markus  mengisahkan segera sesudah dibaptis, Yesus dipimpin Roh ke padang gurun (Mrk 1:12-13). Kata penghubung yang menghubungkan dua peristiwa ini adalah “segera sesudah itu”. Tampaknya penulis ingin menegaskan bahwa pencobaan di padang gurun adalah bagian dari proses yang mempersiapkan Yesus untuk memulai pelayanan-Nya. Kala menyusuri padang gurun selama 40 hari (ayat 12-13), Yesus mengalami kehadiran Roh, tapi juga menghadapi kekuatan Iblis. Ia terpisah dari jangkauan sesama (“hidup bersama dengan binatang liar”) namun juga disertai para malaikat. Yesus dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu memilih tawaran si iblis ataukah memilih kehendak Allah Bapa, yaitu mewartakan kabar baik Kerajaan Allah, kendati harus melalui sengsara dan kematian-Nya di salib. Ternyata Yesus menolak tawaran iblis tanpa kompromi sebab kehendak Allah harus dinomorsatukan. Melaksanakan kehendak Allah Bapa bagi Yesus merupakan nilai tertinggi. Nilai lain tidak berarti bagi diri-Nya. Yesus adalah Anak Allah yang betul-betul dekat  dengan Roh Allah dan menyerahkan diri untuk dipimpin Roh Allah sehingga kekuatan jahat tidak dapat menguasainya. Dia hanya mau tunduk pada kehendak Allah. Oleh karenanya Dia siap memberitakan kabar baik (Injil) dan mengajak semua orang untuk bertobat dan menyambut hadirnya kerajaan Allah dengan  tunduk atau percaya  pada Injil.

Perjalanan hidup kita sebagai murid-murid Kristus juga bagaikan perjalanan Yesus di padang gurun.  Padang gurun saat ini adalah medan perjuangan hidup yang penuh godaan atau pencoban. Berbagai tawaran kehidupan duniawi yang kelihatannya menyenangkan dan menguntungkan menjadi pencobaan yang perlu dihadapi dengan sikap iman yang tepat. Apakah kita mau hidup tunduk pada kehendak ALLAH ataukah kita tunduk pada keinginan hawa nafsu dan daya pikat dunia?  Apakah kita mau senantiasa mengarahkan hati kepada Allah hingga peka mengikuti pimpinan Roh Allah ?

Refleksi
Di masa prapaskah ini, mari ”bercermin” pada kehidupan Kristus.  Dalam keheningan, bayangkanlah Saudara sedang menyusuri padang gurun kehidupan dengan segala godaan atau pencobaan seperti yang dihadapi Kristus. Apakah Saudara yakin bahwa Roh Allah memimpin Saudara? Manakah yang lebih mendasari keputusan-keputusan Saudara: memilih mengikuti pikiran dan kesenangan diri sendiri ataukah mengikuti pimpinan Roh untuk melakukan kehendak Allah?

Tekadku
Ya TUHAN tolonglah aku agar dengan kesungguhan hati berlatih menyangkal diri dalam puasa pra paskah. Kiranya Roh-Mu memampukan aku untuk makin tunduk dan taat pada kehendak-Mu 

Tindakanku:
Hari ini aku akan berlatih menyangkal diri dengan mengendalikan satu keinginanku yang hanya berorientasi pada kesenangan duniawi (sebutkanlah dan tuliskanlah di secarik kertas dan masukkanlah ke dalam kotak penyangkalan diri). Misalnya mengurangi pamer diri di media sosial; mengurangi keinginan dipuji dan disukai. Sebaliknya memakai media sosial sebagai sarana berbagi kabar baik tentang karya kasih TUHAN yang menginspirasi orang lain untuk makin beriman kepada Tuhan dan mengerti kehendak  Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«