suplemenGKI.com

Bacaan : Matius 25 : 1-13 ( Lanjutan )

“Selalu berjaga-jaga”

 

PENGANTAR
Kelima gadis yang bijaksana dan lima gadis yang bodoh sedang menunggu kedatangan pengantin laki-laki. Namun pengantin laki-laki juga tak kunjung datang, karena menunda kedatangannya. Penundaan mungkin disebabkan oleh tawar-menawar mas kawin yang belum selesai dan belum ada kesepakatan. Sementara itu gadis-gadis pengiring pengantin menunggu, mereka mengantuk dan tertidur. Baik gadis-gadis yang bodoh maupun gadis-gadis yang bijaksana sama-sama tertidur. Lalu apa yang akan terjadi apabila mempelai laki-laki datang ?

PEMAHAMAN

  1. Apa yang terjadi dengan kesepuluh gadis ketika ada berita kedatangan  mempelai laki-laki ? (ayt 6-9) apa yang dilakukan oleh gadis-gadis bodoh ? apa yang dilakukan oleh gadis-gadis yang bijaksana ?
  2. Apa yang terjadi ketika mempelai laki-laki datang ?( ayt 10-11).
  3. Apa pesan dari perumpamaan ini ? ( ayt 12-13)

Pada saat gadis-gadis pengiring tersebut tertidur, tiba-tiba pada tengah malam terdengar seruan, “mempelai datang, songsonglah dia”. Maka para pengiring yang tertidur segera terbangun, bangkit, membenahi penampilan mereka dan membereskan pelita-pelita mereka.  Kesepuluh gadis pengiring tersebut sama-ama memiliki obor  yang menyala dengan terang, tetapi lima diantara mereka tidak membawa persediaan minyak, obor mereka akan segera padam sebelum prosesi dimulai. Mereka memberitahukan masalah mereka kepada kepada kelima gadis yang lain agar mereka dapat berbagi minyak. Namun kelima gadis yang membawa persediaan minyak tersebut berfikir bahwa tidak mungkin berbagi karena kawatir persediaan minyak mereka tidaklah cukup untuk prosesi pengantin sehingga mereka menolak dengan halus untuk berbagi minyak, dan mereka  menasehati agar mereka pergi ke penjual minyak untuk membeli minyak tambahan. Akhirnya mereka harus pergi cepat-cepat ke penjual minyak ditengah malam, membangunkan dan membeli minyak yang dibutuhkan.

Sementara mereka pergi membeli minyak, pengantin laki-laki datang dan prosesi dimulai. Semua orang pergi kerumah pengantin laki-laki dan ikut didalam pesta.Mereka menutup pintu kemudian masuk ke ruang pesta dirumah mempelai laki-laki dan setiap orang yang bukan bagian dari prosesi tidak diijinkan masuk. Oleh sebab itu kelima gadis bodoh tersebut tidak diijinkan masuk oleh pengantin laki-laki dan pengantin laki-laki itu berkata, “sesungguhnya aku tidak mengenal kamu” dan perumpamaan ini ditutup dengan kesimpulan “karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu akan hari maupun akan saatnya”

Melalui perumpamaan ini Tuhan Yesus mengajarkan kepada para pengikutnya untuk bersiap- sedia menanti kedatangan Tuhan. Mereka yang tidak bersiap-sedia tidak akan diperbolehkan masuk kedalam kerajaan sorga. Tetapi bagi yang bersiap-sedia akan mengalami sukacita sorgawi bersama Kristus. Kita tidak tahu kapan Tuhan Yesus datang kembali. Sikap yang harus kita miliki dalam menantikan kedatangan Tuhan adalah berjaga-jaga senantiasa, dengan tetap beriman serta memperbaiki hidup yang berkenan kepada Allah. Bagaimana dengan saudara ?

REFLEKSI
Renungkanlah ! tahukah saudara kapan Tuhan Yesus akan datang yang kedua kalinya ? bagaimana cara saudara bersiap-sedia menyambut kedatangan Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah saya agar terus beriman dan memperbaiki  hidup yang berkenan kepada MU.

TINDAKANKU
Saya akan menjalani hidup saya dengan terus memelihara iman,  berbakti, berdoa dan berjaga-jaga.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«