suplemenGKI.com

NAMAMU BESAR

Bacaan:
II Sam 7:18-29

Pengantar
Seseorang yang ingin membuat namanya terkenal, ia harus berusaha dengan sungguh-sungguh dan membuktikan pada dunia kalau ia memang layak untuk terkenal. Misalnya dengan bekerja keras menemukan sesuatu yang belum pernah ditemukan oleh orang lain dan bermanfaat bagi orang lain, tentu dengan cepat orang itu akan menjadi terkenal. Namun bagaimana caranya kita membuat nama Tuhan menjadi terkenal atau besar? Mari kita melihat apa yang Daud lakukan untuk nama Tuhan.

Pemahaman
Ayat 18 – 20, Apa yang dikatakan Daud kepada Tuhan tentang dirinya di hadapan Tuhan?
Ayat 21 – 22  , Apa yang dilakukan oleh Daud untuk dapat berkenan di hadapanNya?
Ayat 23 – 24, Apa yang telah Tuhan lakukan kepada bangsa Israel?
Ayat 25,  Apa yang telah Tuhan lakukan kepada Daud?
Ayat 26 – 29, Apa yang diharapkan Daud kepada Tuhan?

 

Pada bagian ini merupakan doa Daud kepada Tuhan, Daud menyadari bahwa Tuhanlah yang mengenal dia dan Tuhanlah yang menjadikan Daud dan keluarganya menjadi besar/ternama. Bahkan Tuhanlah yang senatiasa menuntun perjalanan Daud untuk dapat menjadi besar. Mulai Tuhan memilih Daud untuk menjadi raja sampai Daud benar-benar memerintah sebagai raja bangsa Israel.

Bukan hanya Daud dan keluarganya yang dipimpin Tuhan, namun bangsa Israel juga merasakan pimpinan Tuhan dalam kehidupan mereka, teristimewa dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain yang tidak mengenal Tuhan. Tuhan sendirilah yang membebaskan bangsa Israel dan yang melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib demi umat tebusannya. Semua musuh-musuh bangsa Israel dihalauNya bahkan allah-allah lain juga dikalahkanNya, sehingga umatNya menjadi kokoh.

Daud melakukan hal yang benar di hadapan  Tuhan yaitu menuruti Firman Tuhan dan menyenangkan hati Tuhan, Daud dan bangsa Israel yang dipimpinnya hidup sesuai dengan kehendak Tuhan.

Tuhan berjanji untuk memberkati Daud dan keturunannya sampai selama-lamanya.

Daud sendiripun berharap bahwa melalui kepemimpinannya, bangsa Israel dapat semakin memuliakan Tuhan dan membesarkan nama Tuhan serta menjadi berkat bagi bangsa lain.

Daud menyadari bahwa penyertaan Tuhan yang sedemikian dahsyatnya, membuat Daud bersemangat untuk membesarkan nama Tuhan. Daud ingin memuliakan nama Tuhan sepanjang hidupnya, ia juga berharap orang-orang yang bersamanya juga membesarkan nama Tuhan. Daud ingin nama Tuhan semakin hari semakin dikenal oleh orang-orang atau bangsa-bangsa lain di dunia ini.

Refleksi
Renungkan sejenak, apa yang telah kita lakukan atau perjuangkan untuk nama kita masing-masing? Berapa banyak waktu dan materi kita berikan demi mempertahankan atau menjaga nama baik kita? Pernahkah saudara berpikir untuk membesarkan nama Tuhan di kehidupan ini?

Tekadku
Mulai memikirkan dan mengusahakan untuk membesarkan nama Tuhan, melalui kehidupanku baik dalam keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan gerejaku.

Tindakanku
Membesarkan nama Tuhan melalui ibadah yang saya lakukan hari ini, mempersiapkan diri mengikuti kebaktian, memuji Tuhan dengan sungguh-sungguh dan mendoakan pelayan kebaktian supaya dapat melayani Tuhan dengan baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*