suplemenGKI.com

MENGHARGAI ANUGERAH

Matius 22:1-14

 

Pengantar

“Tuhan memanggilmu, hai dengarlah: “Apa pun yang terbaik, ya b’rikanlah!””

itulah penggalan syair  lagu NKB 126 yang mengingatkan pentingnya merespons anugerah dan panggilan TUHAN  dengan respons yang terbaik. Apakah selama ini kita telah merespons anugerah dan panggilan TUHAN dengan respons yang terbaik? Marilah kita merenungkannya!

Pemahaman

  • Ayat 1-4 : TUHAN YESUS menggambarkan Kerajaan Sorga seperti apa?
  • Ayat 5-6, 11-12 : Bagaimanakah respons orang-orang yang diundang menikmati pesta perjamuan?
  • Ayat 7,13 : Apakah yang dilakukan oleh Sang Raja terhadap orang-orang yang tidak menghargai undangannya?
  • Ayat 8-10: Siapakah kelompok kedua yang mendapatkan anugerah diundang menikmati pesta perjamuan?
  • Ayat 14: Menurut Saudara, mengapa banyak orang yang dipanggil tapi hanya sedikit yang dipilih?

Dalam bacaan hari ini, TUHAN YESUS memberikan gambaran Kerajaan Sorga seperti  seorang raja yang mengundang kita untuk menghadiri pesta perjamuan kawin anaknya. Apakah Saudara pernah menerima undangan pesta pernikahan anak Raja? Pastilah kita akan bersukacita dan merasa tersanjung bila menerima undangan itu. Pasti kita akan mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh untuk menghadirinya. Untuk itu kita pun akan menggeser acara-acara lain. Pasti kita juga akan mempersiapkan pakaian pesta dan kado yang terbaik. Namun, yang terjadi dalam kisah perumpamaan ini sungguh ironis. Undangan sang raja tak dihargai. Mereka terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan bahkan ada yang tidak suka dengan undangan itu. Mereka meremehkan Sang raja dan utusan-utusannya. Kesempatan yang indah itu disia-siakan.  Maka murkalah Sang raja dan menumpas mereka.

Selanjutnya  undangan perjamuan Kerajaan Surga disebarkan lagi kepada setiap orang yang bukan tamu terhormat. Raja menyatakan anugerahnya kepada rakyat. Namun sayangnya tidak semua merespons dengan tepat. Mereka datang tanpa mempersiapkan diri baik-baik. Mereka datang dengan sembarangan (ayat 11-12), tidak menghargai anugerah terindah pesta bersama sang raja. Orang-orang itu pun akhirnya disingkirkan sang raja (ayat 13).

Sesungguhnya TUHAN banyak memberikan anugerah atau undangan yang berharga bagi kita. Selain anugerah keselamatan dan berkat abadi dalam pesta Kerajaan Sorga, Dia juga memberikan anugerah-anugerah lain yang perlu kita respons dengan respons terbaik. Keluarga juga merupakan anugerah indah yang perlu kita hargai. Namun tak sedikit orang yang menyia-nyiakan anugerah TUHAN. Ada yang meremehkannya, atau mungkin meresponsnya  tapi tidak sepenuh hati sehingga mengecewakan TUHAN. Marilah kita mengevaluasi perjalanan kita dalam merespons panggilan hidup dan anugerah indah yang TUHAN berikan.

Refleksi
Dalam keheningan, ingatlah kembali perjalanan hidup Saudara dan keluarga Saudara. Anugerah indah apa sajakah yang Saudara terima dari TUHAN ? Apakah keluarga juga Saudara hayati sebagai anugerah indah yang diberikan TUHAN? Apakah Saudara telah menghargai semua anugerah TUHAN dengan sikap hidup yang memuliakan DIA ataukah menyia-nyiakannya?

Tekadku
Ya TUHAN mampukanlah aku untuk lebih menghargai  anugerah-Mu. Jangan biarkan  aku menyia-nyiakan anugerah keselamatan dan anugerah keluarga  yang Engkau berikan hingga hidupku dan keluargaku makin berkenan di hadapan-Mu.

Tindakanku
Aku akan membuat daftar komitmen yang merupakan respons sikap terbaik terhadap anugerah keselamatan dan anugerah keluarga, misalnya: komitmen beribadah kepada TUHAN dengan persiapan yang baik, komitmen tetap setia melayani TUHAN dalam pelbagai bidang kehidupan, komitmen semakin mencintai dan menghargai anggota keluarga, komitmen mau berjuang untuk mengupayakan damai sejahtera dalam keluarga. Aku akan terus mendoakan komitmen-komitmen itu agar dapat melakukannya dengan baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«