suplemenGKI.com

Mazmur 29:1-11

MENIKMATIKEHADIRAN TUHAN

PENGANTAR

Kita sering berharap agar Tuhan hadir di tengah-tengah kita manusia.  Kita bahkan berdoa agar Tuhan hadir dalam kehidupan pribadi kita.  Namun sering kali kita tidak tahu bagaimana seharusnya bersikap ketika Tuhan sungguh-sungguh hadir di antara kita.  Kita bahkan tidak menyadari kehadiran-Nya di dalam hidup kita.

Ay.1-9         Bagaimana seharusnya sikap kita ketika menyadari kehadiran Tuhan di tengah-tengah kita manusia?  (ay.1-2). Dalam bentuk apakah Tuhan hadir? (ay.3-9). Apa saja yang dilakukan oleh ’suara Tuhan’ di ayat-ayat tersebut.  Melalui ayat-ayat tersebut, apa yang hendak diungkapkan mengenai Tuhan.

Ay.10-11    Dalam literatur Yahudi, air sering digunakan untuk melambangkan kesulitan dan penderitaan.  Jika demikian, apa yang hendak diungkapkan melalui ayat 10? Apa yang dapat Anda pelajari tentang Tuhan?

PEMAHAMAN

Sungguh menarik bahwa dalam mazmur ini kehadiran Tuhan dilambangkan dengan kehadiran suara-Nya.  Suara itu adalah bagian kecil dari seluruh keberadaan-nya.  Suara itu tidak nampak oleh mata manusia, namun dampak kehadiran-Nya sangatlah dahsyat.  Kedahsyatan kekuatan Tuhan itu dinyatakan dengan kemampuan-Nya menggoncangkan unsur-unsur alam semesta: pohon, gunung, padang gurun, hutan dan seluruh penghuninya. Tuhan memang tidak menampakkan wujud-Nya secara kasat mata kepada kita. Namun, dengan melihat karya-Nya di alam semesta, sesungguhnya itu sudah cukup untuk membuat kita menyembah dan memuliakan Dia.

Kita bukan hanya mengabaikan kehadiran Tuhan di alam semesta. Lebih buruk lagi, kehadiran Tuhan dalam hidup kita sendiri pun tidak kita rasakan. Padahal, setiap kita pernah merasakan pertolongan Tuhan dalam hidup kita. Berulang kali Tuhan melepaskan kita dari kesulitan dan penderitaan. Bahkan, sesungguhnya, Tuhan juga berkarya dalam berbagai aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, yang kita anggap sebagai aktivitas “biasa”: bernafas, belajar, bermain, bekerja, tidur, dan sebagainya. Jika kita menyadari kehadiran Tuhan dalam seluruh aktivitas hidup kita sehari-hari, maka hidup kita akan dipenuhi dengan rasa syukur dan kerinduan untuk memuliakan Dia.

REFLEKSI

Di sepanjang hari ini, Tuhan juga hadir di dalam hidup Anda. Tidakkah Anda ingin menjalankan aktivitas hidup Anda sepanjang hari ini bersama Tuhan?

TEKADKU

Tuhan, ingatkanlah aku selalu akan kehadiran-Mu di dalam hidupku sehingga hidupku dipenuhi dengan rasa syukur dan kerinduan untuk memuliakan-Mu.

TINDAKANKU

Dalam minggu yang akan datang, aku akan bersaksi mengenai campur tangan Tuhan dalam hidupku, khususnya dalam aktivitas-aktivitas yang aku lakukan sehari-hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«