suplemenGKI.com

Minggu, 8 April 2012

07/04/2012

Yoh 20:1-18

Kebangkitan Yesus Kristus

Bagian ini menceritakan hari pertama minggu itu, setelah Yesus di salib. Maria Magdalena ke kubur Yesus dan ia melihat batu sudah terguling dari kuburNya. Lalu ia lari kepada murid-murid-Nya dan menceritakan bahwa jasad Yesus telah dicuri orang.

  1. Apa reaksi murid-murid setelah mendengar dari Maria Magdalena tentang mayat Yesus?
  2. Apa yang dilakukan oleh Simon Petrus dan Yohanes waktu melihat kubur kosong?
  3. Apa yang dilihat oleh Maria Magdalena dekat kubur Yesus?
  4. Apa yang menjadi pesan Yesus kepada Maria Magdalena?
  5. Hal apakah yang dapat kita pelajari dari bacaan tersebut?

 

Renungan:

Murid-murid yang mendengar berita dari Maria Magdalena bahwa jasad Yesus dicuri orang, maka mereka bergegas ingin menyaksikan apakah berita ini benar atau salah, dengan pergi ke kubur. Petrus dan Yohanes melihat bahwa kubur terbuka dan kosong, mereka masih belum mengerti apa yang terjadi dengan tubuh Yesus, lalu pulanglah mereka dengan banyak pertanyaan di dalam hatinya.

Maria Magdalena tidak mengikut murid-murid yang pulang ke rumah mereka, namun tinggal dekat kubur dan menangisi jasad Yesus yang menurutnya di curi oleh orang. Di dalam kesedihan itu, tiba-tiba ada malaikat yang berbicara dengannya: ”Mengapa engkau menangis?” Maria menjawab: Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan? Pertanyaan kali kedua ditanyakan oleh Yesus: “Ibu, mengapa engkau menangis? Siapa yang engkau cari? Mariapun menjawab yang sama, karena mengira bahwa yang bertanya adalah penunggu taman. Maka Yesus mulai menyebut nama Maria, dan saat itu juga Maria Magdalena tahu bahwa yang menampakkan diri itu adalah Yesus yang bangkit.

Yesus berpesan kepada Maria Magdalena untuk segera pergi dan memberitahukan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit.

Segeralah Maria Magdalena pergi menjumpai para murid dan berkata: Aku telah melihat Tuhan, dan Ia telah menyatakan hal-hal itu kepadaku”

Berbagai macam reaksi dari para murid, ada yang ragu-ragu, ada yang belum mengerti dan ada yang menyangsikan tentang kebenaran dari kebangkitan Tuhan Yesus.

Namun Tuhan Yesus tidak membiarkan keragu-raguan mereka tentang kebangkitan-Nya, a berkenan menjumpai para murid dan orang-orang lain, dengan tujuan supaya iman mereka diteguhkan dan mereka semakin bersemangat untuk memberitakan Yesus yang bangkit.

Apakah kebangkitan Yesus membawa dampak bagi kita? Bagi iman kita? Dan bagi semangat pelayanan kita? Sudahkah kebangkitan Yesus membawa perubahan sikap hidup kita terhadap sesama manusia? Sudahkah kebangkitan Yesus memperbaharui semangat pelayanan kita?

Mari kita merayakan kebangkitan Kristus dengan hidup semakin berkenan kepada-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*