suplemenGKI.com

Minggu, 7 Mei 2017

06/05/2017

Aku Adalah Pintu

Yohanes 10:1-10

 

Pengantar
Dalam beberapa perumahan modern, banyak fasilitas yang ditawarkan pengembang kepada konsumen, mulai fasilitas olah raga, taman rekreasi, ada mini market, ada tempat makan dll. Bahkan untuk menunjukkan perumahan itu aman, maka tiap-tiap rumah tidak diperlukan lagi adanya pagar yang membatasi rumahnya. Hal ini ingin menunjukkan kesan yang aman dalam perumahan tersebut, karena penjagaan keamanan di fokuskan pada satu pintu gerbang masuk ditambah seperangkat alat elektronik yang ada, baik cctv maupun palang otomatis.

Dalam perumahan yang semacam ini tentunya peran penjaga pintu gerbang sangat penting sekali, karena menyangkut kehidupan dari perumahan tersebut.

Tuhan Yesus pernah menyatakan: “Akulah pintu…” Apa maksud dari pernyataan tersebut?

Pemahaman

Ay 1-4, Apa peran dari gembala domba?

Ay 5-6, Bagaimana domba dapat mengenal gembalanya?

Ay 7-9, Apa yang dimaksudkan Yesus dengan menyebut:Akulah pintu?

Ay 10, Apa yang Yesus berikan bagi domba-domba-NYA?

Gembala domba biasanya menjaga domba-domba di depan pintu kandang domba, ia yang akan membukakan pintu kandangnya baik untuk domba-domba keluar atau masuk dari kandang tersebut. Gembala domba akan mengajak domba-dombanya keluar untuk mencari padang rumput, biasanya gembala domba akan memanggil domba-dombanya dan mereka semua akan mengikuti suara gembalanya. Demikian juga waktu pulang, gembala domba akan berdiri di dekat pintu masuk dan memperhatikan setiap domba yang masuk, kalau ada domba yang terluka akan dibawa oleh gembala dan dirawat secara khusus.

Domba-domba itu sudah terbiasa mendengarkan suara gembala yang senantiasa menuntunnya, sehingga kalau ada orang asing dan suaranya berbeda maka domba-domba itu tidak akan mendekat bahkan pergi menjauh.

Yesus menyatakan:Akulah pintu ke domba-dombaitu. Yesus menyatakan bahwa Dialah pintu untuk domba-domba keluar dan masuk dengan aman. Domba-domba dibimbing kepada rumput hijau dan dituntun pulang ke kandang dengan selamat. Yesus memberikan jaminan keamanan atau keselamatan kepada domba-domba-Nya.

Yesus juga menyatakan bahwa akan ada orang yang datang sebelum Dia, orang itu pencuri dan perampok, mereka akan mencuri,membunuh dan membinasakan domba-domba yang ada. Pencuri dan perampok menebarkan rasa takut, sedangkan Yesus menjamin ketenangan hidup.

Yesus juga akan memperhatikan mereka yang terluka dan memberikan perawatan kepadanya. Maka domba-domba-Nya harus mengikuti Dia dan mendengarkan suara-Nya supaya tidak tersesat.

Refleksi
Ambil waktu untuk merenungkan: Apakah saya sudah menjadi domba yang baik, yang mendengar dan mengikuti gembalanya ?

Tekadku
Ya, Tuhan, ampunilah kami kalau kami menjadi domba-Mu yang tidak menurut dengan sapaan-Mu, malah kami mencari pintu yang lain.

Tindakanku
Menyadari bahwa untuk menunju pintu yang benar, maka saya harus setia mengikuti dan mentaati Gembala Agung.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»