suplemenGKI.com

Mazmur 147 : 1-11, 20

MARI MEMUJI TUHAN

 

PENGANTAR
Memuji Tuhan, bisa kita lakukan dimana saja dan dalam keadaan apa saja. Bisa dilakukan sambil olah raga, sambil memasak, sambil bersih-bersih rumah, sambil nyetir mobil, sambil bekerja di sawah, bekerja di kantor dls. Namun bisa juga memunji Tuhan di gereja saat kebaktian atau dalam persekutuan. Pendek kata memuji Tuhan bisa dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja. Namun pertanyaannya adalah, mengapa kita memuji Tuhan ? Renungan hari ini menjawab pertanyaan tersebut.

PEMAHAMAN

  1. Mengapa pemazmur mengajak umat memuji Tuhan ? apa saja yang dirasakan pemazmur ? ( ayat 1-7 )
  2. Bagaimana fokus pemazmur terhadap karya Tuhan Allah ? ( ayat 8-11 ) apa yang diajarkan pemazmur kepada kita ?

Dalam Mazmur yang kita baca, mengungkapkan tentang kemahakuasaan Tuhan atas kehidupan di dunia ini. Pemazmur mengajak umat percaya untuk memuji Tuhan atas kebesaran-Nya. Tuhan Allah dipuji dan dimuliakan bukan saja karena Dia adalah pencipta. Tetapi karena juga Tuhan aktif dan tetap berkarya dalam kehidupan umat-Nya. Dan bagi pemazmur paling tidak ada dua alasan mengapa ia mengajak memuji Tuhan.

Pertama : Pujian kepada Tuhan di kumandangkan karena Tuhanlah yang membangun kehidupan.

Dikisahkan bahwa Tuhanlah yang membangun kembali Yerusalem dan yang mengumpulkan umat-Nya yang tercerai berai dalam pembuangan. Segala sakit hati umat yang tertindas telah dihapus (3). Para musuh sudah dikalahkan (6). Sungguh Tuhan Allah telah menebus Israel dengan cara yang dahsyat karena Dia adalah Sang Khalik alam semesta, yang layak dipuji dan dimuliakan. Di sini pemazmur mengajak kita untuk kembali melihat, apa yang telah dilakukan Tuhan dalam kehidupan kita selama ini ? Dan ketika kita telah banyak merasakan pertolongan Tuhan, maka kita akan bersyukur kepada-Nya.

Kedua : Pujian kepada Tuhan dikumandangkan  karena Tuhan adalah Sang pemberi hidup.

Pemazmur sungguh merasakan karya Tuhan Allah dalam kehidupannya. Ia sangat percaya bahwa Tuhan berkarya memberi hidup dan memelihara setiap makhluk (8-9) termasuk manusia (10). Betapa hebat dan luar biasanya Tuhan itu dalam kehidupan pemazmur dan kita. Dan hal itu menyadarkan kita untuk hidup takut akan Tuhan. Sedangkan Tuhan Allah menghendaki kesetiaan dan kebersandaran manusia kepada-Nya (11) terutama umat percaya termasuk kita.

Marilah kita terus memuji Tuhan dengan penuh  kepercayaan kepada kasih dan kuasa-Nya, sehingga kita semakin menundukkan diri kepada Tuhan dan semakin taat kepada Firman-Nya. Amin.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : Memuji Tuhan, bukan sekedar menyanyi, tapi merupakan respon hati dari perbuatan-perbuatan Tuhan yang luar biasa dalam kehidupan. Jika demikian apa alasan anda memuji Tuhan ?

TEKADKU
Ya Tuhan, sebenarnya Tuhan telah banyak sekali melakukan perkara-perkara yang besar dalam kehidupan saya. Namun terkadang saya kurang bisa memuji dan memuliakan nama Tuhan. Ampunilah kami dan bimbinglah kami.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya akan belajar bersyukur dan memuji Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«