suplemenGKI.com

Markus 1:1-8.

 

Persiapkan Jalan Untuk Tuhan

 

Pengantar:

Aktor terkenal bernama Gavin Macleod, yang lebih dikenal sebagai tokoh kapten dalam film serial “The Love Boat”. Gavin dan istrinya Patty telah menikah selama tujuh tahun, namun mereka mengalami beberapa halangan dalam pernikahan, salah satunya adalah tidak memiliki anak. Kemudian Gavin pergi meninggalkan Patty seorang diri. Dalam kesendiriannya Patty melakukan langkah iman yaitu selalu bersyukur kepada Tuhan berharap bahwa suatu hari Gavin akan pulang dan hubungan mereka akan diperbaiki Tuhan. Langkah iman itu dikonkritkan, setiap malam di ruang makan ia tetap menyiapkan makan malam untuk berdua sebagai persiapan menyambut kepulangan Gavin. Tiga tahun kemudian di suatu malam Patty mendengar ketukan pintu yang khas dan dia mengenal ketukan itu, dia berdoa bersyukur kepada Tuhan karena Gavin datang. Ketika dia membuka pintu, memang Gavin pulang.  “Masuklah, makan malam sudah siap. Mereka bersatu kembali dalam kebahagiaan.

 

Pemahaman:

  1. Markus 1:1 diawali dengan kalimat “Inilah permulaan Injil…” Apakah maknanya?
  2. Pesan apakah yang terkandung dalam kutipan kitab Yesaya oleh Markus 1:2-3 itu?
  3. Apakah yang hendak ditunjukan dalam mempersiapkan jalan untuk Tuhan di ayat. 5-8?

 

Kata Injil  dalam Mark 1:1 memakai kata Yun = eunggelion, yang menegaskan tentang kabar baik yang menggemakan sebuah pesan besar tentang pembebasan dari  pembuangan, ketertawanan, kesengsaraan (Band. Yes 40:9, 52:7) Untuk masuk pada zaman baru yang penuh kedamaian, penghiburan, keselamatan dari Tuhan telah tiba. Markus menegaskan bahwa keselamatan, kebebasan, kedamaian hadir di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Kutipan dari kitab Yesaya, menunjukan bahwa kehadiran Tuhan Yesus Kristus , Anak Allah adalah menandakan datangnya masa pemulihan dan keselamatan yang harus disebarkan, diperdengarkan kepada dunia yang berada dalam penderitaan, belenggu kesengsaraan karena dosa. Manusia atau dunia tidak berdaya membebaskan, menyelamatkan dirinya, dan membutuhkan Tuhan Yesus Kristus Anak Allah untuk menyelamatkan setiap orang yang mempersiapkan diri menyambut kedatanganNya.

Persiapkan jalan bagi Tuhan harus dikonkritkan dengan suatu pertobatan. Pertobatan adalah kesadaran akan keberdosaan, ketidakberdayaan melawan dosa dan merendahkan diri memberi diri kepada Tuhan untuk diselamatkan dalam lambang pembaptisan. Yohanes Pembaptis dalam hal ini menjadi alat Tuhan untuk memberitakan keselamatan dari Tuhan.

 

Refleksi:
Jangan mengatakan diri sudah bertobat jika belum merendahkan diri dan mengakui keberdosaan kita, serta memberi diri diselamatakan dalam Tuhan Yesus Kristus!

 

Tekad:
Tuhan, ketika aku belum merendahkan diri dan mengakui keberdoaanku maka sesungguhnya aku belum mempersiapkan jalan bagi Tuhan untuk keselamatanku, ampuni aku Tuhan.

 

Tindakan:
Aku ingin menjadi alat Tuhan untuk memberitakan kedamaian, kelepasan dan keselamatan dari Tuhan Yesus Kristus kepada setiap orang yang aku jumpai.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«