suplemenGKI.com

MINGGU, 7 APRIL 2012

06/04/2013

MAZMUR 118:13-29

GOD IS GOOD”

PENGANTAR
Ada sebuah lagu yang sangat familiar yaitu “God is so good”. Lagu ini lebih banyak kita dengar di kalangan anak-anak sekolah minggu, menyatakan bahwa “Tuhan Yesus baik”. Ketika kita mengatakan bahwa Tuhan itu baik berarti dalam setiap kondisi apapun kita selalu mampu berkata dan meyakini bahwa Tuhan selamanya baik. Namun seringkali kesulitan hidup membuat kita tidak mampu berkata “Tuhan itu baik”.

 

PEMAHAMAN 
Ayat 13-18 : Kesesakan seperti apakah yang dirasakan Pemazmur?

Ayat 19-25: Apa yang tetap menjadi keyakinan pemazmur tentang Allah dalam kesesakan hidupnya?

Ayat 26-29: Dengan keyakinan yang dibangun itu, bagaimana kita melihat sikap hidup yang dipilih pemazmur meski ia sedang dalam kesesakan?

Pemazmur begitu yakin bahwa Tuhan itu sangat baik. Perjalanan hidup yang dilaluinya sarat dengan seribu satu macam masalah bahkan diserang dengan sengit sampai jatuh. Namun Pemazmur mengalami pertolongan Tuhan secara luar biasa. Pemazmur merasakan dan bahkan mengalami keperkasaan Tuhan yang mampu menolong dia dari tekanan hidup yang membelenggu dan membawaNya kepada keselamatan dan kemenangan sejati. Pemazmur juga melihat dan merasakan bahwa orang yang hidup didalam Tuhan akan terus mengalami pertolongan, keselamatan, dan berkat dari Tuhan sepanjang hidupnya. Berkat Tuhan itulah yang mendorong Pemazmur sehingga dengan yakin dia berkata “Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepadaMu karena Engkau begitu baik bagiku”. Oleh karena itu Pemazmur tetap hidup dengan ucapan syukur dan sorak-sorai, meski sedang dirundung kesulitan.  

Bagaimana dengan kita? Biarlah dari pengalaman Pemazmur ini, kita juga diyakinkan bahwa sesungguhnya Tuhan setia dan selalu baik dalam seluruh kehidupan kita. Mari, kita meyakini Dia sebagai satu-satunya Tuhan dan penyelamat kita.

REFLEKSI
Renungkanlah, seringkali ketika masalah datang, kita merasa Tuhan jauh dari kita, bahkan kita merasa Tuhan tidak peduli. Sebenarnya Tuhan tidak pernah jauh dari kita namun yang membuat kita merasa demikian adalah kurangnya keyakinan kita kepadaNya. Oleh karena itu, yakinlah bahwa Tuhan selalu bersama kita selamanya. 

Nyanyikanlah sebuah pujian bagi Tuhan tentang kasih setia dan kebaikanNya dalam hidup Anda. Lalu jadikanlah ayat 21 sebagai ayat hafalan Anda hari ini. 

TEKADKU
Tuhan yang Maha baik, satu hal yang kuyakini bahwa Engkau baik. Tidak ada yang seperti Engkau, aku yakin bahwa Engkau satu-satunya Tuhan yang sanggup menolongku. Amin.

TINDAKANKU
Aku akan mengandalkan Tuhan dalam seluruh aspek kehidupanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«