suplemenGKI.com

“Pengharapan dalam Kuasa Kristus”

Pertanyaan Penuntun Pemahaman Alkitab

  1. Dengan dibangkitkannya anak muda tersebut, selain kehadiran anak itu secara fisik, hal-hal apa saja yang Tuhan Yesus berikan kepada ibu/janda tersebut?
  2. Bagaimana reaksi masyarakat yang menyaksikan mujizat tersebut?
  3. Pengalaman janda tersebut menjadi sebuah pembuka untuk pengalaman lebih besar yang akan dialami oleh orang-orang yang percaya pada Yesus. Pengalaman apakah itu? (1 Kor. 15: 12-19)

Renungan

Dalam kisah ini kita melihat kuasa Yesus atas kematian. Dengan dibangkitkannya anak muda tersebut, janda itu dapat bertemu dan berkumpul kembali dengan anak yang dikasihinya; pengharapan, sukacita dan masa depan janda tersebut dipulihkan.

Lukas mencatat bahwa peristiwa ini membuat mereka yang melihat memuliakan Allah sambil berkata, ‘Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita,” dan “Allah telah melawat umatNya.” Respon seperti ini bisa dipahami karena selama bertahun-tahun tidak ada kesaksian nabi di Israel, sehingga mereka beranggapan Allah telah meninggalkan mereka. Tetapi kini yang terjadi ada;ah sebaliknya. Allah telah melawat umatNya. Kata ‘melawat’ disini berarti menilik, mengunjungi, memilih, merawat, datang menolong seperti seorang dokter mengunjungi pasien. Kata ini menunjukkan kepedulian Allah yang sangat besar terhadap segala bentuk penderitaan umatNya dan sekaligus menjadi kesempatan Allah menunjukkan kuasaNya yang hebat dalam hidup manusia. Sehingga manusia tidak perlu takut dan kuatir menghadapi apa pun, melainkan tetap mengandalkan kuasa Allah.

Pengalaman janda tersebut adalah ‘pembuka’ bagi pengalaman yang lebih besar yang Allah janjikan kepada orang yang percaya kepadaNya. Dalam Yesus, kematian bukan akhir segalanya, sebab jika demikian maka sia-sialah iman percaya kita. Kematian justru menjadi jalan untuk membawa kita pada tingkatan hidup yang lebih tinggi daripada hidup yang kita jalani di dunia ini.  Dalam Yesus kita memiliki pengharapan yang pasti bahwa kelak kita akan bertemu dan berkumpul dengan Allah dan juga orang-orang percaya lainnya, bukan di dunia yang fana, namun di rumah Bapa. Jika masyarakat yang menyaksikan mujizat Yesus menjadi kagum dan memuliakan Allah, bagaimana kebenaran dan janji Allah ini ‘mempesonakan’ Anda?

Yesus hadir untuk mengubah hidup yang tidak berpengharapan menjadi penuh harapan dan sukacita dalam Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*