suplemenGKI.com

BERANI MENYATAKAN KEBENARAN

Lukas 3:1-6

 

Pengantar
Banyak orang Kristen tentu sedikit merasa asing dengan nama Yohanes pembaptis. Yohanes pembaptis tidak setenar Paulus atau Petrus dalam Perjanjian Baru. Banyak yang mengetahui bahwa Yohanes pembaptis adalah pembuka jalan bagi Yesus dan dialah yang membaptiskan Yesus. Informasi tentang Yohanes pembaptis yang dimiliki kebanyakan orang Kristen atau warga gereja hanya sebatas itu. Tidak ada yang tahu atau mungkin tidak terlalu memperhatikan sepak terjang tokoh yang satu ini. Siapakah dia? Dan apakah yang dilakukannya?

Pemahaman

Ayat 1 – 2     Pada zaman pemerintahan siapakah Yohanes pembaptis mulai menyampaikanpemberitaannya tentang kedatangan Kristus?

Ayat 3 – 6    Berita kenabian apa yang disuarakan oleh Yohanes pembaptis?

Injil Lukas mencatat bahwa Yohanes pembaptis mulai menyampaikan berita kenabiannya tentang kedatangan Kristus pada tahun ke-15 dari pemerintahan Kaisar Tiberius, ketika Pontius Pilatus menjadi wali negeri Yudea, dan Herodes raja wilayah Galilea, Filipus, saudaranya, raja wilayah Iturea dan Trakhonitis, dan Lisanias raja wilayah Abilene (ayat 1). Suara kenabian yang disampaikan oleh Yohanes pembaptis merupakan berita tentang datangnya Mesias yang akan menyatakan jalan keselamatan bagi semua orang (ayat 4-6). Yohanes pembaptis mengajak semua orang untuk bertobat dari tingkah langkahnya (ayat 3).

Berita kenabian yang disampaikan oleh Yohanes pembaptis menimbulkan reaksi yang sangat keras dari raja Herodes (3:19). Meski mendapat tantangan yang sangat besar Yohanes pembaptis sama sekali tidak gentar. Dia tetap dengan berani menyatakan suara kenabian.

Keberanian menyatakan kebenaran perlu ditumbuhkan dalam diri setiap orang seperti Yohanes pembaptis. Berani menyampaikan kebenaran merupakan sikap yang seharusnya dimiliki oleh umat ALLAH.

Refleksi
Sudahkah saya memiliki keberanian menyatakan kebenaran? Sudahkah saya menyampaikan berita keselamatan kepada banyak orang?

Tekadku
Ya ALLAH mampukan saya menyuarakan berita kebenaran. Jangan biarkan saya menjadi orang yang pasif dan tidak berbuat apa-apa ketika kebenaran dilecehkan

Tindakanku
Belajar menumbuhkan keberanian untuk menyatakan yang benar

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«