suplemenGKI.com

Minggu, 5 Mei 2013

04/05/2013

PERTOBATAN HIDUP

 

Lukas 19:1-10

 

Pengantar
Sering kali kita berpikir bahwa orang kaya tidak membutuhkan apa-apa lagi, karena semua dapat dipenuhi dengan harta yang ia / mereka punyai. Pandangan umum juga menyatakan bahwa orang  kaya selalu berkelimpahan dalam segala hal, sehingga kalau mereka menginginkan segala sesuatu pasti dapat dipenuhinya dengan segera. Benarkah pandangan umum yang demikian. Mari kita belajar dari bacaan hari ini.

Pemahaman
Ayat 1-2: Siapakah Zakheus tersebut?
Ayat 3-4: Apa yang dilakukan Zakheus untuk melihat Tuhan Yesus?
Ayat 5-6: Apa yang Tuhan Yesus katakan kepada Zakheus?
Ayat 7: Apa pendapat orang terhadap Zakheus?
Ayat 8: Apa tanggapan Zakheus terhadap orang-orang yang menentang dia?
Ayat 9-10: Apa pendapat Tuhan Yesus terhadap sikap Zakheus?

Zakheus memiliki jabatan yang cukup baik yaitu kepala pemungut cukai. Ia seorang yang kaya raya namun tubuhnya pendek. Pada bagian ini diceritakan bahwa Zakheus ingin melihat Tuhan Yesus, mungkin ia pernah mendengar bahwa Tuhan Yesus itu luar biasa,  dapat membuat mujizat, pengajarannya mengalahkan ahli-ahli Taurat dan banyak dikagumi oleh rakyat Israel. Zakheus sangat ingin melihat seperti apakah Tuhan Yesus itu, sehingga segala upaya dilakukan untuk tujuan tersebut, termasuk memanjat pohon untuk melihat Dia.

Rupanya keinginannya terkabulkan bahwa Tuhan Yesus sendiri mau menginap di rumahnya. Ini merupakan hal yang luar biasa bagi Zakheus karena Tuhan Yesus mau bersama-sama dengan dia. Orang-orang Yahudi rupanya tidak menyukai pekerjaan pemungut cukai dan bahkan pemungut cukai dianggap berpihak kepada penjajah dan bukan kepada rakyat. Yang lebih berat lagi adalah   pernyataan bahwa pemungut cukai adalah pekerjaan orang yang berdosa. Sehingga ketika Tuhan Yesus mau menerima Zakheus, maka masyarakat setempat bersungut-sungut dengan apa yang dilakukanNya.

Hal ini rupanya diketahui oleh Zakheus dan ia bereaksi dengan luar biasa, ia menyatakan kepada Tuhan Yesus bahwa setengah hartanya akan diberikan kepada orang miskin dan barang siapa pernah dirugikan karena diperasnya akan diganti 4 kali lipat. Ini adalah perubahan cara berpikir dari Zakheus yang luar biasa, dulu ia sangat memperhatikan hartanya dan berusaha untuk memperbanyaknya namun setelah bertemu dengan Yesus, cara pandangnya berubah total, harta bukan segala-galanya.Inilah pertobatan hidup Zakheus setelah ia berjumpa dengan Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus menanggapi reaksi positif Zakheus dengan menyatakan bahwa hari ini telah terjadi keselamatan di rumah ini, karena Zakheuspun termasuk anak Abraham dan Zakheuspun dicari oleh Anak Manusia untuk diselamatkanNya.

Refleksi
Renungkan dalam hidupmu ini, apakah pertobatan dalam hidup membawa kedekatanmu dengan Tuhan Yesus? Apakah yang menghalangi hidupmu untuk dekat dengan Tuhan Yesus?

Tekadku
Tuhan Yesus ajarkanlah kami untuk melihat dalam hidup ini, apakah yang menjadi penghalang kami untuk dekat denganMu? Biarlah kami memiliki cara pandang yang baru terhadap harta yang kami miliki supaya kami tidak tamak di dalamnya.

Tindakanku
Hari ini saya akan memperbanyak waktu saya untuk membaca Firman Tuhan dan berdoa. Saya akan luangkan waktu 20-30 menit untuk hal tersebut.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«