suplemenGKI.com

Kasih Karunia Demi Kasih Karunia

 

Bacaan Yohanes 1:10-18

 

Pengantar
Bagaimana perasaan saudara kalau saudara datang kepada anak saudara ternyata anak saudara tidak mau menerima kita bahkan tidak mau mengakui kita sebagai orang tuanya? Kita pasti kecewa dan bahkan terpukul dengan keadaan yang demikian. Mungkin hal itu adalah hal yang paling buruk yang kita alami dan mungkin sulit untuk kita lupakan. Bagaimana dengan Kristus yang datang kepada umatNya? 

Pemahaman

Ay 10-11, Apa yang telah dinyatakan Tuhan kepada manusia yang tinggal di bumi ini?

Ay 12-13, Apa yang dijanjikan Tuhan kepada mereka yang mau percaya kepadaNYA?

Ay 14-16, Apa yang disaksikan oleh Yohanes Pembaptis tentang Yesus?

Ay 17-18, Apa yang diberikan Allah kepada orang yang percaya? 

Bagian ini menyatakan bahwa Yesus sudah datang ke dunia ini, dunia yang juga telah diciptakanNya, namun sayang bahwa dunia yang telah diciptakanNya tidak mengenalNya, bahkan milik kepunyaanNya juga tidak mengenalNya dan tidak mau menerimaNya. Betapa sedih hati Tuhan yang melihat bahwa milik kepunyaanNya (bgs Israel) tidak mau menerimaNya.Namun Tuhan yang penuh kasih karunia demi kasih karunia, memberikan kesempatan kepada orang-orang  yang dahulu bukan milikNya untuk menjadi milikNya. Bagi mereka yang mau percaya kepada Yesus maka mereka berarti menjadi anak-anak Allah dan kuasa Allah senantiasa menyertainya.

Yohanes mengingatkan bahwa Tuhan Yesus tinggal diantara manusia, Yesus mau hadir dalam kehidupan umatNya.

Allah menjelma menjadi manusia bukti kecintaan Tuhan kepada umat manusia yang berdosa, supaya setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus memperoleh keselamatan dan hidupnya penuh kasih karunia demi karunia. Oleh sebab itu kita dapat percaya kepadaNya itu juga karena kasih karunia Tuhan, demikan juga ketika kita hidup di dunia ini itu juga karena kasih karunia Tuhan. Tuhan menunjukkan kasihNya kepada kita supaya kita hidup di dalam kasih karunia bukan hidup dalam kegelapan.

Refleksi
Ambil beberapa menit, renungkanlah apakah kita hidup dalam kasih karunia Allah? Ataukah kita hidup hanya menuruti  kehendak kita pribadi?

Tekadku
Ya Tuhan, sadarkan kepada kami bahwa Engkau mau tinggal dengan kami supaya hidup kami penuh kasih karunia Allah.

Tindakanku
Hari ini saya mau berbagi hidup yang penuh kasih karunia Allah kepada seseorang yang saya jumpai. Misalnya berbagi: kasih, damai, kemurahan,kebaikan dll.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*