suplemenGKI.com

Bekerja Untuk Tuhan

Bacaan Yohanes 6:24-35

 

Pengantar
                Setiap orang membutuhkan pekerjaan karena dengan bekerja mereka akan mendapatkan upah dan dengan upah itu mereka akan membeli segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupannya.

Kebutuhan yang utama bagi manusia adalah makan, sandang dan papan. Sehingga banyak orang yang hidup hanya untuk mengejar semuanya itu, bahkan ada banyak dari mereka yang hidup melupakan Tuhan karena segala kebutuhannya sudah terpenuhi. Apa yang Yesus ingatkan dalam menjalani hidup ini?

Pemahaman
Ay 24-26, Apa yang sedang dilakukan orang banyak terhadap Yesus?
Ay 27, Apa yang Yesus kata tentang makanan ?
Ay 28, Apa yang dipahami orang banyak tentang makanan yang kekal?
Ay 29, Apa yang Yesus katakan tentang pekerjaan yang dikehendaki Allah?
Ay 30-35, Apa yang dikehendaki orang banyak terhadap Yesus? Dan apa jawaban Yesus?

Orang banyak mulai mengikuti Yesus, kemanapun Yesus pergi dengan murid-murid-Nya, bahkan perjalanan yang jauhpun ditempuhnya demi perjumpaan dengan Yesus. Mereka ingin menjumpai Yesus dengan berbagai macam alasan, ada yang merasa pengajarannya baik, ada yang ingin melihat mujizat apa lagi yang akan dilakukan Yesus, ada yang merasa bahwa Yesus adalah guru yang sejati, berani menegur orang-orang Farisi.

Namun Yesus memiliki pandangan yang lain terhadap orang banyak yang mencari Dia. Bagi Yesus mereka yang mencarinya itu adalah orang-orang yang merasa senang karena sudah pernah makan roti itu dan mereka kenyang. Seakan-akan bersama dengan Yesus mereka akan terjamin hidup jasmaninya

Yesus mengajarkan mereka untuk hidup bukan saja mencari makanan yang dapat binasa, melainkan makanan yang bertahan pada hidup yang kekal. Makanan yang kekal adalah melakukan kehendak Allah dalam hidup ini. Makanan yang kita makan bersifat sementara dan akan lenyap, namun melakukan kehendak Allah adalah makanan yang kekal (roti hidup) dan bernilai kekal.

Yesus mengajarkan untuk orang banyak tersebut menerima Roti Hidup yaitu percaya kepada Tuhan Yesus yang akan memberikan jaminan hidup kekal.

Refleksi
Ambil waktu sejenak dan renungkan: Sudahkah saudara bekerja bagi Tuhan?

Tekadku
Ya Tuhan, ampuni kami kalau kami bekerja di dunia ini hanya memikirkan kebutuhan jasmani saja, kami melupakan kebutuhan rohani. Ajarkan kami untuk melakukan kehendak-Mu di dunia ini. Amin

Tindakanku
Hari ini saya akan melakukan segala sesuatu di dalam Kristus dan demi Kristus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«