suplemenGKI.com

Galatia 3:23-29

JANGAN LUPA MERAWAT IMAN!

 

PENGANTAR
Kita semua tahu bahwa kita diselamatkan oleh iman kita kepada Yesus Kristus. Namun, tidak sedikit dari kita yang kemudian lupa bahwa iman kepada Yesus itu perlu dirawat dengan baik. Kita lalai membangun hubungan kita dengan Yesus Kristus sementara kita membiarkan banyak hal membuat iman kita tergerus. Akibatnya, ketika berhadapan dengan kesulitan atau masalah yang besar, iman kita terlalu rapuh untuk menghadapinya.

PEMAHAMAN

Ay. 23-23     Hal apa yang diatur dalam hukum Taurat? Mengapa hukum Taurat disebut sebagai penuntun bagi orang-orang Yahudi sampai Kristus datang?

Ay. 24-27     Hal apa yang berubah sejak kedatangan Kristus? Oleh apakah peran hukum Taurat digantikan?

Ay. 28-29     Hukum Taurat dan iman kepada Kristus mempunyai jangkauan yang berbeda. Jelaskanlah perbedaan tersebut.

Hukum Taurat mengatur sikap dan tindakan orang Yahudi dalam hubungannya dengan Allah dan sesama. Oleh para pemimpin agama Yahudi, hukum Taurat dijabarkan dalam wujud peraturan-peraturan mengenai apa saja yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan. Jika seseorang ingin hidup benar dan berkenan kepada Allah, maka ia harus menaati perintah dan larangan hukum Taurat. Namun, hal itu tidak berlaku lagi sejak kedatangan Kristus. Seseorang hidup benar dan berkenan kepada Allah bukan karena menaati hukum Taurat, melainkan karena percaya kepada Kristus.

Hukum Taurat dan iman kepada Kristus mempunyai daya jangkau yang berbeda. Hukum Taurat hanya dapat menjangkau orang-orang Yahudi dan sebagian orang asing yang bersedia menjadi “orang Yahudi.” Iman kepada Kristus dapat dimiliki oleh siapa saja, tanpa memandang suku, atau status sosial, atau jenis kelamin. Semua orang yang percaya kepada Kristus, meskipun berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, dihimpun menjadi satu kesatuan menjadi umat kepunyaan-Nya. Dalam persekutuan (yang kemudian disebut gereja) inilah kita disebut sebagai “keturunan Abraham” dan berhak menerima janji Allah, yaitu janji untuk memperoleh berkat-Nya dan menjadi berkat bagi sesama.

Dari uraian di atas kita tahu betapa pentingnya memelihara dan membangun iman kita. Jika  kita mengabaikan iman kita maka kita akan sangat sulit bagi kita untuk hidup benar dan berkenan kepada Allah. Demikian juga, jika kita lalai membangun iman kita maka kita akan kehilangan identitas kita sebagai keturunan Abraham dan kehilangan kesempatan untuk memperoleh janji-janji Allah.

REFLEKSI
Semua orang Kristen beriman kepada Yesus Kristus, namun tidak semua orang Kristen memelihara dan membangun imannya dengan baik.

TEKADKU
Tuhan, aku bersyukur bahwa Tuhan berkenan menjadikanku anak-Mu melalui Yesus Kristus. Aku akan memelihara dan membangun imanku ini agar semakin kokoh dan teguh.

TINDAKANKU
Aku akan menyediakan waktu setiap hari untuk merawat imanku: bersekutu dengan Tuhan, memuji dan memuliakan nama-Nya, berdoa, dan membaca firman-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«