suplemenGKI.com

Minggu, 4 Juni 2017

03/06/2017

HEMBUSAN ROH KUDUS

Yohanes 20:19-23

 

Pengantar
Setiap orang pasti pernah mengalami masalah. Ketakutan selalu membayangi manusia dalam segala aspek kehidupan. Ketakutan adalah penghambat potensi yang kita miliki dan penghambat masa depan dan berkat kita.Ketakutan bisa membuat kita tidak melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Perasaan itu jugalah yang dialami oleh para murid dalam bagian firman Tuhan yang kita renungkan hari ini. Apakah yang mereka alami dan bagaimana peran Roh Kudus dalam menolong mereka bangkit dari keterpurukan?

Pemahaman

  • Ayat 19                  : Bagaimana situasi yang dialami oleh para murid pada waktu itu?
  • Ayat 19-23            : Apa yang dilakukan oleh Yesus dalam situasi tersebut?

Setelah menerima kabar dari Maria, murid-murid mendapat kesempatan pertama sebagai kelompok untuk melihat Yesus yang telah bangkit. Hari itu adalah malam hari kebangkitan Tuhan Yesus Kristus. Mereka semua berkumpul di dalamsuatu tempat dan mengunci semua pintu yang ada di tempat itu. Mereka cemas karena Yesus yang menjaga dan melindungi mereka selama ini sudah tidak ada bersama dengan mereka. Mereka sedang mengalami ketakutan, terlebih kepada orang-orang Yahudi dan nyawa mereka terancam.

Di tengah-tengah rasa takut dan kecemasan mereka, tiba-tiba Yesus menampakkan diri kepada mereka. Hal pertama yang dilakukan oleh Yesus adalah Yesus mengucapkan kalimat penting kepada mereka “Damai sejahtera bagi kamu!” (Ay. 19). Perkataan ini merupakan sapaan yang mengandung berkat penghiburan dan memberikan ketenangan kepada murid-murid-Nya. Yang kedua, Yesus menunjukkan diri-Nya yang telah bangkit (Ay. 20). Yesus menunjukkan tangan dan lambung-Nya yang telah terluka, yang telah mereka saksikan beberapa waktu yang lalu ketika Yesus disiksa. Kemudian Yesus mengutus mereka (Ay. 21).Penampakan Yesus di depan murid-murid-Nya bukan sekedar memperlihatkan bahwa kehendak Allah telah digenapi dalam diri Yesus, tetapi agar murid-murid dapat diutus untuk memberitakan tentang perbuatan Yesus kepada dunia. Hal terakhir yang Yesus lakukan kepada murid-muridnya adalah Yesus mengembusi mereka dengan Roh Kudus (Ay. 22). Yesus bukan hanya mengutus mereka begitu saja. Tetapi Yesus memperlengkepai mereka dengan Roh Kudus.

Roh Kudus memampukan para muridmurid untuk bangkit dari keterpurukan mereka. Roh Kudus memberikan mereka kekuatan, kemampuan, keberanian dan dorongan bagi para murid untuk melakukan pekerjaan yang besar yaitu menghadirkan damai sejahtera dengan menampilkan perilaku hidup yang serupa dengan Kristus di dalam seluruh hidup dan pelayanan mereka.

Refleksi
Renungkanlah: Ketakutan dan kecemasan apa sajakah yang masih sering menghantui pelayanan kita saat ini? Percayakah saudara bahwa Roh Kudus menyertai saudara?

Tekadku
Ya Tuhan, terima kasih saya tidak sendirian dalammenjalani kehidupan ini, terima kasih karena Roh Kudus selalu menyertai diriku dan memberi kemampuan, kekuatan, keberanian serta semangat.

Tindakanku
Saya tidak akan ragu, takut dan gentar karna Roh Kudus selalu besertaku, Roh itulah yang akan menopang kehidupanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»