suplemenGKI.com

KUASA YANG MEMBUAT SAYA BISA

Murid-murid yang diutus KRISTUS adalah wakil-wakil KRISTUS  dan oleh sebab itu merupakan wakil-wakil ALLAH. Dalam menjalankan tugas perutusan, mereka dikawal dan dinaungi oleh kuasa TUHAN. Oleh karena itulah mereka berhasil dengan baik dalam menjalankan tugas perutusan menjadi pekerja TUHAN.

  1. Ayat 17 : Kabar gembira apakah yang dibawa oleh para murid yang pulang dari tugas menjalankan perutusan TUHAN?
  2. Ayat 18-19 : Kabar gembira apakah yang disampaikan oleh YESUS kepada para murid yang diutus-Nya?
  3. Ayat 20 : Nasihat apakah yang diberikan kepada para murid dalam sukacita yang sedang mereka rasakan?

Renungan

Ketujuh puluh murid yang diutus keheranan atas kuasa yang diberikan kepada mereka melalui nama YESUS. Mereka telah mengusir setan, melanjutkan serangan YESUS atas kerajaan setan di dunia ini. YESUS melihat iblis jatuh dari langit karena perutusan mereka,  suatu cara lain untuk mengatakan bahwa perang antara kebaikan dan kejahatan sedang terjadi. YESUS telah memberikan kuasa kepada para murid untuk mengalahkan ular dan kalajengking yang merupakan lambang kejahatan (iblis) Bdk. Ul 8:15;  Maz 91:13. Ketika para murid menjalankan tugasnya dengan kuasa ALLAH, maka dunia kuasa jahat tergoncang dan kemenangan diperoleh dalam nama YESUS. Sekalipun demikian para murid tidak boleh kehilangan perspektif. YESUS mengingatkan agar para murid tidak berbangga diri karena karunia-karunia (kharismata) yang mereka miliki.

Hadiahnya bukan kemuliaan manusiawi melainkan kemuliaan surgawi dengan mengikuti YESUS ke Yerusalem, ke Kalvari. Nama mereka pun terdaftar dalam kitab ALLAH; terdaftar di sorga; dikenal secara pribadi oleh ALLAH sebagai milik-Nya.

Kabar gembira tentang kuasa TUHAN yang menyertai para murid dalam melakukan tugas perutusan mendorong kita untuk lebih berani diutus TUHAN. Sekalipun menghadapi berbagai kesulitan dan keprihatinan, namun setiap utusan mampu menghadapinya sebab TUHAN tidak membiarkan mereka berjalan sendiri. Yang diperlukan hanya kerendahan hati, ketaatan, kesetiaan dan komitmen untuk tetap menjadi utusan yang bergantung pada TUHAN. Tugas yang perlu kita lakukan adalah menjalankan apa saja yang IA perintahkan.

Pernahkah Saudara ragu untuk menyambut tugas panggilan menjadi utusan TUHAN? Ada orang- orang Kristen yang merasa tidak mampu melayani TUHAN, tidak mampu mengabarkan Injil, tidak mampu bekerja bagi TUHAN. Biasanya mereka cenderung menolak panggilan pelayanan. Sudah saatnya kita berani menyambut  panggilan untuk diutus TUHAN dengan sukacita bukan karena kita bisa tapi karena selalu ada kuasa yang membuat kita bisa. Hidup sebagai utusan TUHAN adalah hidup yang aktif berkarya menghadirkan kuasa TUHAN yang memerangi kejahatan dan menghadirkan keselamatan, kedamaian dan kebaikan. Ini bukan pekerjaan yang gampang, penuh tantangan dan rintangan, namun sambutlah selalu tugas perutusan-Nya dengan penuh iman, seperti dikumandangkan NKB 210

Kuutus kau mengabdi tanpa pamrih, berkarya trus dengan hati teguh

Meski dihina dan menanggung duka. Kuutus kau mengabdi bagi-Ku

Jangan takut diutus TUHAN. Anda pasti bisa, sebab kuasa TUHAN selalu beserta!

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*