suplemenGKI.com

MAZMUR 148

“DIA BERTAHTA ATAS SEGALA PUJIAN”

PENGANTAR

Mazmur pujian ini berasal dari periode sesudah pembuangan.  Hal ini dapat dilihat dari isinya yang banyak kemiripan dengan mazmur Tuhan Raja.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 5-6: Sebutkanlah 3 hal yang menjelaskan bagaimana kekuasaan Tuhan dinyatakan atas seluruh karya ciptaanNya! 
  2. Bagaimana cara Anda menyatakan pujian Anda kepadaNya jika Anda telah mengetahui 3 hal tersebut di atas?
  3. Ayat 11-14: Selain ketiga hal di atas yang menunjukkan kekuasaan Allah atas ciptaan, hal istimewa apakah yang telah dilakukan Allah pada manusia sehingga kita harus mengagungkanNya?

Mazmur ini mengajak seluruh isi bumi dan surga memuji Allah. Semua ciptaan memiliki panggilan yang sama untuk memuji Allah.  Motif dari undangan ini adalah karena hanya nama Tuhan yang tinggi luhur dan keagunganNya mengatasi bumi dan langit.  Tiga ungkapan kekuasaan Allah yang dinyatakan dalam pujian ini, yaitu: (1) Ia memberi perintah, maka semua tercipta.  Hal ini menunjukkan bahwa Dia menciptakan kita dengan tujuan dan maksudNya, karena itu pujian kita bukan hanya dengan pengakuan akan Allah, melainkan juga kesediaan kita untuk menerima rancangan Allah dalam hidup kita dan percaya bahwa segala maksudNya adalah baik dan indah; (2) Dia mendirikan semuanya untuk seterusnya dan selamanya.  Ini membuktikan kesetiaan Allah dan pemeliharaanNya.  Karena itu pujian dapat kita ekspresikan dengan kesetiaan kita kepadaNya dan keyakinan serta syukur atas pemeliharaanNya dalam hidup kita setiap hari; (3) Dia memberi ketetapan yang tidak dapat dilanggar. Pujian kita kepadanya tidak dapat dilepaskan dari ketaatan kita tehadap firmanNya, hari demi hari. Lebih dari tiga hal tersebut di atas, ada hal mengagumkan yang telah Allah lakukan yaitu bahwa dalam kekuasaanNya yang sedemikian besar, Ia bersedia ‘meninggikan tanduk umatNya menjadi puji-pujian bagi sesama’.  Israel – yang mewakili manusia sebagai ciptaan -  beroleh anugerah khusus dari Allah, dipilih untuk ditinggikan di antara ciptaan yang lain, sekalipun manusia gagal hidup sesuai kodratnya sebagai gambar dan rupa Allah, namun Allah tidak kekurangan cara untuk menyatakan kasihNya.

REFLEKSI

Umat yang dekat padaNya tidak pernah kekurangan alasan untuk memuji Allah.  Ada banyak alasan untuk kita memuji Allah. Apakah Anda masih terus memiliki kesukaan untuk memuji Allah? Alasan-alasan apakah yang membuat Anda sulit memuji Allah sekarang ini?

TEKADKU

Tuhan, Engkau telah meninggikan manusia kembali dalam kedudukan yang terhormat diantara semua ciptaan dan beroleh tempat khusus dalam KerajaanMu, bahkan dalam hatiMu. Biarlah hidupku menjadi pujian dan kemuliaan bagiMu. Amin

TINDAKANKU

Pujilah Dia dengan segenap hatimu melalui sebuah lagu yang Anda kuasai dengan baik. Nyanyikan bagi Dia untuk menutup saat teduh Anda hari ini.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«