suplemenGKI.com

PELAYANAN YANG MAKIN LUAS
Markus 1:35-39

Pengantar
Kepuasan! Apakah kepuasan yang kita cari pada saat kita menyatakan kasih kepada sesama? Kadangkala kepuasan muncul ketika kita telah menolong satu orang, padahal ada banyak orang yang butuh ditolong. Ketika kita melihat kenyataan bahwa ada banyak orang yang butuh pertolongan kita, mungkin kita akan mengatakan “Mana bisa aku sendirian saja yang melakukannya”, maka kita dapat menggalang kerjasama agar dapat menolong lebih banyak orang dan melakukan lebih banyak tindakan pelayanan. Bila kita mau mengupayakannya, sesungguhnya ada begitu banyak peluang untuk menolong banyak orang dengan  membangun bekerjasama di gereja, masyarakat, tempat kerja, atau bekerjasama dengan lembaga pemerintahan.

Berapa banyak orang yang telah ditolong dan dilayani Yesus dan tindakan apa saja yang telah dilakukan-Nya. Alkitab mengisahkan karya Kristus dengan jelas, antara lain melalui bacaan hari ini. Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 35      : Apa yang dilakukan Yesus untuk menyegarkan diri usai melakukan pelayanan?
  • Ayat 36-39: Apakah Yesus puas dengan tindakan-Nya menolong dan melayani di satu tempat?

Usai melakukan pelayanan menolong banyak orang sakit dan kerasukan setan, Yesus pergi ke tempat sunyi untuk berdoa. Dia mengambil waktu jeda sejenak untuk menyegarkan diri dengan berdoa. Dalam doa, Ia berkomunikasi dengan Bapa sehingga kemudian mendapatkan inpirasi segar untuk melanjutkan karya pelayanan. Oleh karena itulah Ia melanjutkan pelayanan ke daerah-daerah lain  di seluruh Galilea.  Bagi Yesus, pelayanan-Nya bukan hanya untuk satu tempat dan kepada orang yang itu saja, bukan pula soal hasil yang membanggakan. Yesus juga memikirkan keluasan pelayanan-Nya agar lebih banyak orang dan lebih banyak wilayah yang merasakan hadirnya Kerajaan Allah. Yesus ingin meneruskan pelayanan-Nya ke mana pun dan kepada siapa pun.

Tuhan pun memanggil kita untuk melayani dengan lebih luas. Jangan puas dengan tindakan pelayanan yang sudah ada. Teruslah mengembangkan pelayanan agar semakin banyak orang merasakan kasih Tuhan.  Kita bisa meluaskan pelayanan dengan membangun jejaring (kerjasama pelayanan) dengan siapa pun.

Refleksi
Dalam keheningan, hitunglah  seberapa luas pelayanan yang Saudara lakukan tiap hari? Hanya di rumah, di tempat kerja, di gereja? Apakah Saudara telah puas dengan pelayanan yang Saudara lakukan selama ini? Jangan pernah berpuas diri  dengan apa yang telah Saudara kerjakan sebab masih banyak ladang pelayanan yang belum digarap.

Tekadku
Bapa, mampukanlah aku mengembangkan karya pelayanan sehingga makin banyak orang merasakan kasih-Mu.

Tindakanku

  • Aku mau menyediakan diriku untuk menjadi teman curhat bagi semua teman bukan hanya teman dekat.
  • Aku akan membangun keakraban dengan banyak orang agar terbuka kesempatan untuk melayani lebih banyak orang.
  • Aku akan terlibat dalam pelayanan yang berjejaring dengan gereja lain, agama lain dan lembaga masyarakat.

 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«