suplemenGKI.com

Minggu, 31 Mei 2020

30/05/2020

PENTAKOSTA: ALIRAN ROH YANG TERUS MENGALIR

Yohanes 7:37-39

 

Pengantar
Air menjadi salah satu unsur penting di dalam seluruh kehidupan. Di dalam sistem tubuh kita, air sangat diperlukan. Air juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap hari. Air bagaikan benda yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Hari ini kita diajak untuk merenungkan kehadiran Roh Kudus di dalam hidup kita yang hadir bagaikan aliran air yang terus mengalir.

Pemahaman

  • Ayat 37         : Dalam peristiwa apakah Yesus menyampaikan seruan untuk datang kepada-Nya?
  • Ayat 38-39   : Apa maksud dari kalimat yang Yesus sampaikan tersebut?

Yesus hadir di dalam perayaan Pondok Daun. Perayaan Pondok Daun adalah perayaan selama tujuh hari yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi. Perayaan ini merupakan bagian dari tradisi Yahudi untuk mengucap syukur atas kecukupan hasil panen yang mereka terima. Perayaan ini sekaligus menjadi tanda ditutupnya musim panen sebelum memasuki musim dingin. Mereka mendirikan pondok-pondok yang dihiasi hasil-hasil panen. Bukan hanya penduduk Yerusalem yang merayakan perayaan Pondok Daun tersebut, tetapi semua orang dari berbagai daerah datang dan berkumpul di Yerusalem untuk bersama-sama merayakan selama tujuh hari penuh.

Pada puncak perayaan Pondok Daun, Yesus menyampaikan seruan bagi semua orang yang mendengar-Nya. Situasi dan kondisi yang sedang dihadapi oleh Yesus saat itu adalah semakin banyak orang yang tidak menyukai ajaran-Nya karena bertentangan dengan yang disampaikan oleh para imam, ahli Taurat, dan orang-orang Farisi. Kita mengingat bahwa ajaran yang disampaikan oleh Yesus berasal dari Allah, sedangkan para ahli yang ada saat itu sudah mencampuri ajaran yang benar dengan kepentingan-kepentingan pribadi dan politik.

Yesus berseru tentang Roh yang hadir di dalam hati dan akan mengalirkan aliran-aliran air hidup. Hal ini menjadi sebuah kelegaan bagi semua orang yang mendengar. Konteks perayaan Pondok Daun menunjukkan bahwa ada banyak orang yang lelah dengan kehidupan mereka setiap hari untuk bercocok tanam hingga pada masa panen tiba. Mereka pun datang dari berbagai daerah tentu dengan kondisi fisik yang mulai kehabisan tenaga. Di tengah kelelahan fisik dan kelelahan akan rutinitas sehari-hari, Yesus datang dan menyampaikan tentang kehadiran Roh bagi siapa saja yang mau datang kepada-Nya dan merasakan hatinya dipenuhi aliran-aliran air hidup.

Bacaan ini juga mengantar kita untuk merefleksikan hari Pentakosta di dalam kehidupan. Roh Kudus tidak hanya hadir dalam wujud atau bentuk tertentu, seperti yang selama ini kita imajinasikan, misal seperti dalam Kisah Para Rasul 2:1-21 yang hadir dalam berbagai wujud. Kali ini Roh Kudus hadir ibarat air yang mengalir dan mengisi hati setiap orang yang percaya. Bacaan ini juga mengajak kita semua untuk semakin memuliakan-Nya di dalam kehidupan kita di tengah rutinitas keseharian kita. Memuliakan Yesus berarti mau datang kepada-Nya, minum, dan merasakan Roh yang hadir bagai aliran air yang menyejukkan.

Refleksi
Ambillah segelas air putih, pandanglah dengan baik, lalu minum dan nikmatilah! Apakah Saudara merasa tidak haus dan tidak kering lagi setelah minum air tersebut? Mari merefleksikan kehidupan kita: bagaimana dengan kehidupan Saudara pada saat ini? Apakah Saudara sedang mengalami kekeringan dan kelelahan akibat rutinitas dan kondisi hidup setiap hari? Firman Tuhan pada hari ini mengajak kita untuk merasakan kekuatan dari Tuhan lewat Roh Kudus yang hadir di dalam hati kita. Kita diajak untuk selalu datang kepada-Nya agar dapat merasakan kelegaan dari air hidup itu. Yesus tidak pernah membiarkan kita mengalami kekeringan dan kelelahan. Teruslah berharap dan merasakan penyertaan-Nya.

Tekadku
Tuhan, aku ingin selalu merasakan Roh Kudus yang hadir bagaikan aliran-aliran air hidup yang tidak berhenti.

Tindakanku
Pada hari ini aku mau berkomitmen untuk mengambil satu langkah maju dalam pergumulan yang sedang kuhadapi karena aku percaya bahwa Tuhan akan memberikan kelegaan di tengah kekeringan hidup yang saat ini sedang kualami.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»