suplemenGKI.com

 Lukas 24 : 1 – 12

“KASIH YANG AJAIB”

Pengantar
Perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini sangat luar biasa. Sehingga segala sesuatu dapat dianalisa oleh ilmu pengetahuan. Namun , tidak dengan kisah atau misteri kebangkitan Kristus . kebangkitan Kristus tidak dapat diteliti dengan metode ilmu pengetahuan yang mengandalkan pembuktian  secara empiris fisikal, sebab kebangkitan Kristus merupakan peristiwa Illahi yang hanya dapat dipahami dengan iman.

Pemahaman
*Bagaimana kita memaknai  peristiwa kebangkitan Kristus.

Ke empat kitab Injil tidak mencatat bagaimana proses kebangkitan Kristus. akan tetapi mencatat kesaksian tentang peristiwa kebangkitan Kristus. Namun demikian, sebagai umat yang beriman kepada Kristus kita seharusnya  memaknai peristiwa kebangkitan Kristus sebagai Karya Allah yang membangkitkan Kristus dari kuasa maut. Dimana Allah menyatakan Kemuliaan dan KuasaNya kepada umat manusia. Ada dua hal penting yang  dalam peristiwa kebangkitan Kristus yang bermakna bagi perjalanan iman kita.

  1. Bahwa kebangkitan Kristus yang disaksikan Alkitab dapat menjadi kisah kehidupan umat sehari-hari, yaitu kehidupan yang telah dibaharui oleh kuasa Allah. Melalui kebangkitan Kristus perilaku dan karakter kita harus senantiasa diproses sehingga dapat melahirkan pembaharuan hidup. Semakin lama menjadi orang Kristen maka kita akan semakin banyak memiliki karakter Kristus.
  2. Bahwa melalui kebangkitan Kristus kita memiliki pengharapan baru yaitu   bahwa kehidupan yang kita jalani merupakan kehidupan yang memiliki tujuan. Melalui kebangkitan Kristus, umat manusia, khususnya orang percaya/kita diyakinkan bahwa kehidupan di dunia saat ini akan terus berlangsung menuju keabadian yaitu dalam persekutuan dengan Allah sebagai Bapa-Anak-Roh Kudus. Dalam terang kebangkitan Kristus, eksistensi umat percaya tidak binasa oleh kematian dimana orang-orang percaya dipersekutukan  dengan Kristus yang bangkit sehingga hidup kekal menjadi suatu jaminan.

Jadi, bagi kita orang percaya, betapa pentingnya makna hidup dalam persekutuan dengan Kristus yang bangkit dan betapa penting pula menjalani hidup dengan terus beriman kepada Kristus.

Refleksi
Ambillah saat hening sejenak ! renungkanlah kisah kebangkitan Kristus ! apakah kebangkitan Kristus dapat merubah kehidupan saudara ? apakah kebangkitan Kristus  menyadarkan saudara bahwa kehidupan yang saudara jalani memiliki tujuan ? apa tujuannya ?

Tekadku
Tuhan, saya bersyukur karena melalui kebangkitanMu, saya disadarkan dan diubahkan menjadi anak-anak Tuhan yang berperilaku seperti Kristus yang penuh kasih. Saya juga bersyukur karena saya dapat menjalani hidup dengan penuh harapan menuju keabadian dalam persekutuan dengan Kristus.

Tindakanku
Saya akan menjadi saksi kebangkitan Kristus melalui kehidupan saya  yang sudah  berubah, baik melalui perkataan maupun tindakan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*