suplemenGKI.com

Kuasa Allah Dinyatakan

Matius 8:28-34

 

Pengantar
                Kehadiran Yesus dimana-mana selalu dipenuhi oleh orang-orang yang mau melihat siapa itu Yesus, atau oleh orang-orang yang ingin mendengar pengajaran Yesus. Sehingga kalau kehadiran Yesus diketahui oleh orang-orang, maka mereka berusaha ingin ketemu dengan Yesus dan melihat apa yang Yesus lakukan di tempat tersebut. Namun rupanya kehadiran Yesus di daerah Gadara tidak diketahui oleh orang banyak, malah yang mendekati Yesus 2 orang yang sedang kerasukan roh setan. Bagaimana Yesus menghadapi mereka, dan memperlakukan mereka?

Pemahaman
Ay 28 Siapakah yang menyambut Yesus ketika tiba di daerah Gadara?
Ay 29, Apa yang dikatakan setan-setan itu melalui orang yang dirasukinya?
Ay 30-31, Apa yang dimohonkan setan-setan itu kepada Yesus?
Ay 32, Apa jawaban Yesus atas permohonan tersebut?
Ay 33-34, Apa reaksi penjaga-penjaga babi ketika melihat kejadian tersebut? Dan bagaimana reaksi masyarakat di sana?

Daerah Gadara, banyak dihuni oleh orang-orang kafir atau orang-orang yang tidak percaya pada Allah. Hal ini dapat terlihat dari kehidupan penduduk di sana yang suka memelihara binatang babi. Yesus sengaja datang ke daerah tersebut dan di sambut 2 orang yang kerasukan setan. Jalan yang Yesus lalui itu sangat menakutkan bagi banyak orang karena ke 2 orang itu yang menjadi penunggunya, sehingga banyak orang tidak berani lewat jalan itu.

Orang yang kerasukan setan tersebut berteriak kepada Yesus. Ada tiga hal yang mereka nyatakan tentang Yesus. Pertama: Bahwa Yesus itu adalah Anak Allah. Kedua, bahwa Yesus itu yang akan membinasakan mereka (setan). Ketiga, mereka (setan) mengakui bahwa Yesus lebih berkuasa dari pada mereka. Setan itu meminta ijin Yesus, kalau diusir dari tubuh orang-orang ini maka mereka akan masuk ke dalam kawanan babi yang ada di sana.

Yesus mengijinkan mereka (setan) masuk ke kawanan babi, dan babi-babi itu terjun dari tepi jurang ke dalam danau dan mati. Melihat kejadian tersebut penjaga-penjaga babi itu lari dan tiba di kota tersebut, dan mereka menceritakan kepada orang banyak apa yang sedang terjadi.

Yesus mengijinkan setan itu keluar dan masuk ke kawanan babi karena Yesus lebih mengasihi jiwa manusia dari pada kawanan babi yang mati.

Maka datanglah seluruh kota mendapatkan Yesus dan mendesak Yesus untuk meninggalkan kota tersebut. Kemungkinan besar hal ini mereka lakukan karena faktor ekonomi, mereka takut kalau Yesus datang dan membuat ternak babi mereka hancur atau mati semua.

Melalui Yesus kuasa Allah dinyatakan, orang yang kerasukan setan telah dibebaskan selamanya. Kuasa Allah nyata sehingga kuasa setan dapat dikalahkan bahkan dihancurkan.

Refleksi
Ambil waktu untuk merenungkan: Bagaimana menerapkan kuasa Allah dalam kehidupan sehari-hari? Atau kehidupan sehari-hari saya di kuasai oleh nafsu saya sendiri? 

Tekadku
Ya Tuhan, seringkali kami merasa tidak membutuhkan kuasa-Mu untuk dinyatakan di dalam hidup kami. Kami merasa dapat mengatur hidup kami sendiri. Ampunilah dan perbaharuilah kami ya Tuhan Yesus. Amin.

Tindakanku
Hari ini saya menyadari ada kuasa Allah yang berkerja dalam hidup saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«