suplemenGKI.com

Mazmur 19:8-15

FIRMAN ALLAH: BERKAT ISTIMEWA BAGI KITA

PENGANTAR
Firman Allah adalah salah satu bentuk berkat istimewa yang disediakan-Nya bagi kita. Melalui firman-Nya, Allah menyatakan diri-Nya kepada kita. Dengan demikian kita dapat mengenal kasih-Nya dan keadilan-Nya. Melalui firman-Nya, Allah menyatakan kehendak-Nya dan rencana-Nya bagi hidup kita. Dengan demikian kita dapat mengetahui apa yang harus kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Firman Allah menolong kita semakin erat berelasi dengan Dia dan semakin mampu menjalani hidup sebagai umat-Nya.

Meski firman Allah sedemikian berharga bagi umat-Nya, masih banyak orang Kristen yang meremehkannya sehingga tidak merasa perlu mempelajari dan membaca Alkitab. Jika kita tidak mau membaca dan mempelajari firman-Nya, kita tidak akan menikmati berkat-berkat istimewa yang disediakan-Nya melalui firman-Nya.

PEMAHAMAN

  • Ayat 8-10. Istilah apa saja yang digunakan di sini untuk menyebutkan firman Allah? Sifat-sifat apa sajakah yang disebutkan mengenai firman Allah? Apa saja manfaat firman Allah bagi kita?
  • Ayat 11. Pemazmur mengajak kita membandingkan firman Allah dengan ”emas tua” dan ”madu”. Dengan perbandingan ini, sifat-sifat apa sajakah yang diungkapkan pemazmur mengenai firman Allah?
  • Ayat 12-14. Manfaat apa sajakah yang didapatkan oleh pemazmur dari firman Allah?

Di ayat 8-10 firman Allah disebutkan dengan berbagai macam istilah: Taurat Tuhan, peraturan Tuhan, titah Tuhan, perintah Tuhan, takut akan Tuhan, dan hukum-hukum Tuhan. Di bagian ini pemazmur juga menyebutkan berbagai sifat firman Allah: sempurna, teguh, tepat, murni, suci, dan benar. Pemazmur juga menyebutkan manfaat firman Allah bagi kita: menyegarkan jiwa, memberi hikmat, menyukakan hati, membuat mata bercahaya (memberi semangat), dan menolong kita hidup dalam keadilan.  Karena itulah, di ayat 11, firman Allah disamakan dengan ”emas tua” dan ”madu”. Bagi mereka yang hidup di zaman itu, emas tua adalah cadangan kekayaan (aset) yang sangat berharga. Kecil wujudnya, namun sangat tinggi nilainya. Juga, madu adalah makanan yang paling berkualitas bagi mereka. Setetes madu mengandung gizi yang melimpah. Firman Allah sangat berharga bagi kita, selain karena sifat-sifat firman Allah itu sendiri, juga karena memberi manfaat yang nyata bagi kehidupan kita.

Di ayat 12-14 pemazmur juga memberi kesaksian pribadinya.  Ia berpegang kepada firman Allah dan mendapatkan upah yang besar: firman Allah membebaskannya dari kesesatan (termasuk dosa yang tidak disadari) dan melindunginya dari orang-orang jahat.

REFLEKSI
Apakah Anda masih setia berpegang pada firman-Nya? Pernahkah Anda bersaksi mengenai manfaat firman Allah bagi kehidupan Anda?

TEKADKU
Tuhan, aku ingin membaca dan mempelajari firman-Mu secara teratur setiap hari. Tolonglah aku agar aku dapat melakukannya dengan tekun dan setia.

TINDAKANKU
Dalam beberapa hari ke depan, aku akan bertanya kepada minimal lima orang mengenai apa manfaat firman Allah baginya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«