suplemenGKI.com

Yohanes 3:1-17

SEMAKIN MENGENAL KRISTUS

 

PENGANTAR
Satu hal yang patut diapresiasi dari sikap seorang Nikodemus dalam bacaan hari ini adalah keingintahuan yang dibarengi dengan motivasi untuk belajar. Dalam situasi dan kondisi saat ini keingintahuan seringkali tidak dibarengi dengan keinginan belajar. Nikodemus merupakan contoh konkrit bagaimana iman dimulai dari kemauan untuk belajar. Perjumpaan Nikodemus dengan Yesus telah mengubah persepsi Nikodemus tentang Yesus.

PEMAHAMAN

Ayat 1-8     Siapakah yang menjumpai Yesus pada malam hari ? Untuk apa ia datang menjumpai Yesus ?

Ayat 9-17   Bagaimana penjelasan Yesus tentang pernyataan Nikodemus ?

Nikodemus adalah imam Farisi yang dikenal oleh masyarakat. Nikodemus datang menjumpai Yesus pada malam hari, mungkin hal ini dilakukannya untuk menghindari pandangan orang terhadap dirinya. Nikodemus datang menjumpai Yesus didorong oleh rasa ingin tahu. Nikodemus telah melihat sepak terjang Yesus, baik tindakan maupun pengajaran-Nya. Itulah sebabnya ia termotivasi untuk ingin lebih jauh mengetahui dan mengenal tentang Yesus dan ajaran-Nya.

Dalam pertemuan dengan Nikodemus Yesus menjelaskan tentang kelahiran baru dan penjelasan Yesus tampaknya sulit untuk dipahami oleh Nikodemus. Yesus berbicara tentang kelahiran kembali melalui air dan Roh. Tentu yang dimaksudkan Yesus adalah mengenai baptisan air dan mengenai diri-Nya yang dinubuatkan Yohanes membaptis dengan Roh Kudus (bnd. Yoh 1:33). Sedangkan Nikodemus memahami kelahiran hanya sebagai proses jasmani.

Sebagai pemimpin dan imam ditengah masyarakat, Nikodemus tidak mengetahui perihal kelahiran baru yang Yesus maksudkan. Namun Nikodemus akhirnya mengetahui bahwa untuk mendapat bagian dalam kerajaan Sorga maka dia haruslah lahir baru. Nikodemus juga akhirnya memahami bahwa dia harus membuka diri menerima Yesus sebagai Juruselamat untuk memperoleh hidup yang kekal. Penjelasan Yesus kepada Nikodemus mengubah pemahaman Nikodemus yang adalah seorang imam Farisi.

Melalui percakapan Yesus dengan Nikodemus, umat diajak untuk mau belajar dan terus belajar mengenal Kristus. Pengenalan yang semakin dalam akan membantu terbangunnya relasi yang semakin akrab dan harmonis.

REFLEKSI
Ada istilah umum di masyarakat yang berkata “tak kenal maka tak sayang”. Mengenal Kristus semakin dalam merupakan hal terpenting yang harus dilakukan. Semakin kita mengenal Kristus semakin kita memahami kehendak-Nya dalam hidup kita dan relasi kita juga akan semakin kuat.

TEKADKU
Ya Allah, mampukan kami terus belajar untuk mengenalmu agar semakin dalam kami mengerti dan memahami kehendak-Mu dan rencana-Mu atas hidup kami.

TINDAKANKU
Semakin tekun mengikuti Penelaahan Alkitab dan semakin banyak membaca buku yang dapat menambah wawasan tentang kerohanian dan spiritualitas.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»