suplemenGKI.com

Minggu, 30 Mei 2010

29/05/2010

Yohanes 16:12-15

MENJADI SAKSI YANG BERKUALITAS

Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang abadi yang telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita.  Namun secara khusus pada perikop ini, Yesus yang hanya sementara tinggal akan meninggalkan mereka.  Yesus mengingatkan dan memperkenalkan pribadi Roh Kudus yang akan datang kemudian  kepada murid-muridNya

  • Mengapa Roh Kudus disebut juga sebagai Roh Kebenaran?  (ayat 12)
  • Bagaimana relasi antara  Yesus dan Roh Kudus ditinjau dari berita yang disampaikan?  (ayat 13, 14)
  • Apa peran Roh  Kebenaran dalam diri orang percaya?  (ayat13a, 14)
  • Sebagai saksi Tuhan, apa yang dapat orang percaya pelajari dari peran Roh Kebenaran?

RENUNGAN

Sesuai fungsinya, seorang saksi dituntut untuk jujur dalam menyatakan apa yang diketahui sesuai kebenarannya. Menjalani tugas sebagai saksi bukanlah hal mudah, karena, pertama, saksi harus mempertanggungjawabkan kebenaran yang disaksikan; kedua, saksi harus siap menanggung risiko ditentang dan dibenci. Namun, demi keselamatan diri, sering orang menolak menjadi saksi kebenaran. Akibatnya, banyak saksi-saksi palsu yang muncul menyatakan kebenaran palsu pula.

Gereja adalah persekutuan orang-orang percaya yang telah mengalami  anugrah keselamatan dari Tuhan Yesus.  Berarti, menjadi saksi bukanlah pilihan, melainkan panggilan yang musti dijalani dalam hidup.  Sebagai orang percaya sebenarnya yang kita lakukan setiap hari haruslah menyaksikan kebenaran itu.   Persoalannya, sejauhmana setiap orang percaya mengerjakan tugas panggilannya sebagai saksi?  Seorang saksi bukan hanya dituntut berani berkata-kata, tetapi juga menunjukkan kehidupan yang berkualitas. Apa arti rangkaian kata, bila tidak dibarengi keteladan hidup dalam kebenaran.  Apa arti teguran bila tidak ada integritas diri yang teguh mentaati firman Tuhan!

Seorang Kristen perlu menuntut diri dalam pertolongan Roh Kudus supaya mampu menjadi saksi yang berkualitas.  Sebab Roh Kudus akan memimpin orang percaya dalam pengenalan akan kebenaran yang perlu dimiliki (13), dan bekerja serta mencelikkan mata rohani setiap orang yang belum mengenal kebenaran (8-11). Untuk itu, bukan hanya semangat dan keberanian saja yang dibutuhkan untuk menjadi saksi-Nya, tetapi juga disiplin belajar firman Tuhan dan terus berusaha meningkatkannya dalam kehidupan setiap hari merupakan hal yang mutlak bagi setiap saksi-Nya.  Bertekun membaca firman Tuhan di tengah pergumulan hidup dan banyaknya tawaran dunia, akan memampukan setiap saksi Tuhan untuk bertahan/setia sambil memberitakan kebenaran seperti yang Tuhan mau untuk diberitakan.  Justru disinilah batu uji bagi seorang saksi kebenaran.  Jadilah saksi Tuhan yang berkualitas, dalam pemberitaan dan hidup.

Ku rindu hidupku Kau pakai untuk memuliakan-Mu, karena Roh Kebenaran-Mu yang memampukanku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*