suplemenGKI.com

1 SAMUEL 2:18-21, 26

INDIKATOR BERTUMBUH: SEMAKIN DISUKAI TUHAN DAN SESAMA

 

PEMAHAMAN

  1. Ayat 21b, 26: Bagaimanakah Samuel tumbuh dewasa?     
  2. Ayat19: Apakah yang dilakukan orang tua Samuel?
  3. Apakah tandanya bahwa seseorang bertumbuh? Bagaimanakah bisa menyukakan hati Tuhan dan sesama?   

Dari ayat 26, kita tahu bagaimana Samuel kecil bertumbuh menjadi dewasa. Bukan sekedar kognitif dan fisiknya yang semakin besar, tetapi juga spiritual dan karakternya juga bertumbuh sehingga dia disukai Tuhan dan manusia. Padahal Samuel sejak usia 3 tahun terpisah dari orang tuanya dan hidup bersama Eli dan anak-anaknya yang jahat dan sesat. Hidup di tengah-tengah lingkungan yang tidak baik toh tidak mempengaruhi Samuel. Dia tetap bertumbuh menjadi orang yang baik, taat dan setia kepada Tuhan. Didukung oleh kedua orang tua yang setia mengunjunginya secara rutin, membawakan kebutuhan dan memberi dukungan moril. Samuel tidak sekedar hidup benar, tetapi dia menyukakan hati semua orang. Artinya Samuel adalah seorang sosok yang sangat dikenal di lingkungannya, pergaulannya luas, sopan dan ramah kepada semua orang, perhatian dan peduli terhadap orang lain, baik hati dan suka menolong. Dia menjadi berkat bagi semua orang dan memuliakan Tuhan dengan hidupnya. Itulah tanda seseorang yang bertumbuh di hadapan Tuhan. 

REFLEKSIKU
Bagaimana dengan kita? Apakah kita juga bertumbuh sebagaimana Samuel? Caranya mudah untuk mengetahuinya, yaitu apakah Tuhan berkenan atas seluruh kehidupan kita? Adakah kehadiran kita dinantikan, disambut dan diharapkan orang lain, sebab kita menyukakan hati mereka.

 

TEKADKU

Hendaklah kita teguh terus bertumbuh di dalam karakter-karakter yang baik sekalipun banyak tantangan. 

 

TINDAKANKU

Sebagai orang tua kita bisa belajar dari kedua orang tua Samuel. Hendaklah kita mendedikasikan anak-anak kita sejak masih dalam kandungan kepada Tuhan dan mendoakan mereka sejak masih janin. Kita dengan serius dan tekun mendidik mereka dalam ajaran Tuhan sejak usia dini, yaitu di bawah 5 tahun. Dan yang tidak kalah penting adalah kita menjadi teladan bagi mereka. Sehingga orang tua dan anak saling mendukung untuk bertumbuh seperti Samuel,semakin disukai Tuhan dan manusia.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*