suplemenGKI.com

LUKAS 24:13-35

IMAN KEPADA KRISTUS

 

Pengantar
Kebangkitan Yesus merupakan sebuah percakapan yang menarik pada masa itu. Berbagai pertentangan muncul tentang kebenaran peristiwa kebangkitan Yesus. Hingga dalam beberapa hari pasca kebangkitan Yesus, peristiwa kebangkitan tetap menjadi bahan perbincangan yang hangat. Bahkan ketika murid Yesus tengah dalam perjalanan ke Emaus, mereka juga bercakap-cakap mengenai hal itu. Namun sadarkah mereka bahwa orang asing yang mereka temui dan ajak bicara merupakan Yesus yang bangkit itu? Bacaan hari ini memaparkan pengalaman iman dua murid Yesus yang mengalami perjumpaan dengan Yesus dalam perjalanan ke Emaus

Pemahaman

Ayat 13-16           Apa yang terjadi dalam perjalanan kedua murid Yesus ke Emaus? Mengapa mereka tidak menyadari bahwa Yesus sedang bersama mereka?

Ayat 17-32           Apa yang dipercakapkan murid Yesus dengan Yesus dalam pejalanan ke Emaus? Dan peristiwa apakah yang menyadarkan mereka?

Ayat 33-35           Apa yang mereka lakukan setelah mengalami perjumpaan dengan Yesus?

Saat kedua murid Yesus melakukan perjalanan ke Emaus, mereka berjumpa dengan seorang asing yang ternyata dalah Yesus. Namun karena ada sesuatu yang menghalangi mereka, maka mereka tidakmenyadari akan hal itu (ayat 13-16). Sepanjang perjalanan mereka terus bercakap-cakap tentang peristiwa kebangkitan Yesus. Tampaknya ada keraguan dalam diri kedua murid Yesus tentang peristiwa kebangkitan. Yesus menegur mereka dengan keras, dan mengingatkan kembali bahwa kematian, penderitaan dan kebangkitan-Nya telah dinubuatkan para nabi (ayat 25-27).

Ketika mereka sudah mendekati Yerusalem dan melakukan perjamuan bersama, barulah kedua murid tersadar bahwa Yesus benar telah bangkit dan mereka baru saja mengalami perjumpaan langsung dengan Yesus (ayat 28-32). Setelah perjumpaan itu, kedua murid Yesus menjumpai kesebelas murid Yesus dan menceritakan peristiwa perjumpaan itu (ayat 33-35)

Penderitaan dan kematian Kristus merupakan peristiwa yang mengejutkan murid-murid dan pengikut Yesus masa itu. Mereka bingung, takut dan tidak tahu harus berbuat apa. Akibatnya kepercayaan mereka terhadap peristiwa kebangkitan juga runtuh. Maka tidak mengherankan bila mereka meragukan peristiwa kebangkitan.

Kehadiran Yesus ditengah-tengah mereka memperlihatkan bahwa peristiwa kebangkitan bukanlah isapan jempol. Penderitaan dan kematian hanyalah jalan yang harus ditempuh oleh Yesus untuk sampai pada tujuan yakni menebus dosa manusia. Kedua murid Yesus disadarkan bahwa iman kepada Yesus tidaklah sia-sia. Dialah Allah yang menyelamatkan. Allah yang berkarya menebus dan menganugerahkan hidup baru kepada umat-Nya

Refleksi
Sudahkah kita menghayati karya terbesar yang Allah lakukan dalam hidup umat manusia? Sudahkah kita hidup beriman kepada Yesus?

Tekadku
Ya Allah, mampukan kami untuk selalu bersyukur atas anugerah kesalamatan yang telah Engkau kerjakan lewat pengorbanan Yesus Kristus. Kuatkan iman percaya kami. Mampukan kami untuk  memberitakan kabar keselamatan kepada semua orang disekitar kami

Tindakanku
Tekun dalam doa dan merenungkan firman Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»