suplemenGKI.com

Markus 7: 14-23

Hidup Kudus dihadapan ALLAH

PENGANTAR
Persoalan najis dan kudus merupakan persoalan yang tidak pernah lekang oleh waktu. Banyak orang masih terjebak pada pemahaman yang sempit tentang najis dan kudus. Yesus dihadapan banyak orang menyampaikan pengajaran yang sangat penting tentang hal itu.  

PEMAHAMAN
Pengajaran penting apa yang Yesus sampaikan kepada banyak orang? (Mrk 7:14-16)

Apa maksud dari pengajaran itu? (Mrk 7:17-23)

Yesus menyampaikan sebuah pengajaran tentang hukum kekudusan yang seringkali menjadi persoalan antara diri-Nya dengan imam-imam Farisi dan ahli Taurat. Dihadapan banyak orang Yesus menyampaikan bahwa bukannya apa atau bagaimana orang makan yang menentukan seorang itu najis atau bersih, namun apa yang dipikirkan dan diperbuat seseorang-lah yang menentukan najis atau tidaknya seseorang.

Pengajaran Yesus tentu mengundang pertanyaan besar bagi para murid. Yesus menjelaskan kepada para murid bahwa tidak ada hal lahiriah apapun yang dapat mencemarkan atau menajiskan manusia. Sumber segala kecemaran justru berasal dari batin. Kenajisan terjadi bukan disebabkan oleh tangan tetapi oleh hati seseorang. Dengan kata lain Yesus hendak menyampaikan bahwa dari hati orang, timbulah pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan (ayat 21-22). Dengan tegas Yesus hendak mengajarkan kepada setiap orang untuk memiliki hati yang tulus, ikhlas, dan takut akan ALLAH. Karena hati yang demikianlah yang berkenan dihadapan ALLAH.

REFLEKSI
Sudahkah saya memiliki hati yang tulus, ikhlas, dan takut akan ALLAH? Ataukah diri saya masih dikotori oleh kejahatan dan dosa?

TEKAD
Ya ALLAH, tolong saya agar memiliki hati yang tulus, ikhlas, dan takut akan Engkau agar hidupku berkenan dihadapan-Mu

TINDAKAN
Tekun dalam doa dan mempelajari firman ALLAH. Belajar untuk membangun pikiran yang positif.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«