suplemenGKI.com

DIUBAH OLEH KASIH TUHAN

Lukas 19:8-10

 

Pengantar
Kasih adalah dambaan setiap manusia. Kasih memiliki kekuatan besar yang bisa menggerakkan. Bahkan kasih bisa mengubah hati orang. Kekuatan kasih seperti itulah yang dirasakan Zakheus saat ia menerima kasih Kristus. Apa yang berubah dalam hidup Zakheus setelah menerima kasih Kristus? Marilah kita mendalaminya.

Pemahaman

  • Ayat 8        : Apa yang Zakheus lakukan untuk menunjukkan bahwa dirinya sudah diubah oleh kasih Tuhan?
  • Ayat 9-10   : Mengapa Yesus menyampaikan tentang “mencari dan menyelamatkan yang

hilang”?

Zakheus merasakan kasih Tuhan yang besar saat ia disambut dan diterima Tuhan Yesus. Tuhan Yesus bukan hanya melihatnya tapi menerimanya walaupun ia orang berdosa. Bahkan Tuhan Yesus mau berkunjung dan makan di rumahnya. Tentu Zakheus sangat bersukacita menyambut kasih Tuhan. Ia merasakan kasih Tuhan menyentuh hatinya. Sentuhan kasih Tuhan ini mengubah hati dan pikirannya. Ia pun bertobat dan menunjukkan bukti pertobatan dengan berjanji memberikan setengah dari harta miliknya kepada orang-orang miskin dan bila ada yang merasa diperas, dia akan mengembalikan 4 kali lipat.

Menanggapi pertobatan Zakheus,  Yesus pun tidak segan-segan memuji Zakheus sebagai ‘anak Abraham’ (ayat 9). Bagi Yesus, respons Zakheus membuktikan bahwa ia beriman, sehingga layak digolongkan sebagai anak Abraham (Bapa kaum beriman). Zakheus adalah contoh orang berdosa yang dicari dan diselamatkan Tuhan Yesus.

Sentuhan kasih Tuhan telah mengubahkan Zakheus. Perubahan hidup Zakheus  bukan karena terpaksa tapi dengan sukacita. Dia tidak berfokus lagi pada kekayaan duniawi  tapi rindu mengalami kekayaan rohani dan keselamatan abadi.  Setelah bertobat ia tak kaya harta tapi  kaya iman dan kasih.

Sentuhan kasih Tuhan selalu menghasilkan perubahan hidup. Oleh karena itu marilah menghadirkan sentuhan kasih Tuhan bagi banyak orang

Refleksi
Dalam keheningan, rasakanlah kehadiran Tuhan yang menyentuh hati Anda dengan penuh kasih. Apakah Anda telah merespons sentuhan kasih Tuhan dengan perubahan hidup? Apakah Anda telah menghadirkan sentuhan kasih Tuhan bagi orang lain di sekitar Anda?

Tekadku
Tuhan, mampukanlah aku merespons sentuhan kasih-Mu dengan perubahan hidup yang nyata.

Tindakanku 

-          Setiap hari aku akan mengambil waktu hening untuk merasakan sentuhan kasih Tuhan.

-          Aku akan mensyukuri sentuhan kasih Tuhan dengan menuliskan komitmen untuk berubah menjadi lebih baik.

-          Aku akan mendaftar perubahan hidupku setiap hari untuk menghidupi rasa syukur akan sentuhan kasih Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«