suplemenGKI.com

Minggu, 3 Mei 2020

02/05/2020

Mazmur 23:1-6

TUHAN GEMBALA YANG BAIK

PENGANTAR
Mazmur 23 adalah salah satu bagian Alkitab yang kita sukai dan melekat erat di hati kita. Mengapa demikian? Dalam hidup kita, khususnya ketika menghadapi berbagai macam pergumulan di masa-masa sukar, kita sangat membutuhkan peran dan campur tangan Tuhan sebagai Gembala. Kita bersyukur bahwa melalui mazmur ini kita bisa melihat bagaimana Daud mengalami pimpinan dan penyertaan Tuhan sebagai Gembala di sepanjang perjalanan kehidupannya.

PEMAHAMAN

  • Ay. 1-4. Berkat apa sajakah yang diberikan Tuhan kepada Daud? Sebutkanlah empat hal, dengan catatan bahwa berkat-berkat jasmani yang disebutkan di sini adalah metafora/ kiasan dari berkat-berkat rohani yang diberikan Tuhan kepada Daud.
  • Ay. 5-6. Kiasan apakah yang digunakan Daud di ayat 5-6a? Apa yang hendak digambarkan Daud melalui kiasan ini? Daud berjanji akan “diam dalam rumah Tuhan sepanjang masa” (ay. 6b). Apa artinya?

Di ayat 1-4, dengan metafora/ kiasan Tuhan sebagai Gembala, ada empat macam berkat yang dialami oleh Daud ketika ia menghadapi masa-masa sukar. Pertama, Tuhan menyediakan baginya makanan rohani (kiasan: rumput yang hijau). Makanan rohani sangat kita butuhkan pada waktu menghadapi masa-masa sukar. Kedua, Tuhan memulihkan hati dan jiwa Daud (kiasan: air yang tenang, menyegarkan jiwaku). Masa-masa sukar dapat membuat hati kita terluka, atau bahkan jiwa kita terguncang. Ketiga, Tuhan menunjukkan kebenaran kepadanya (kiasan: jalan yang benar). Ini penting karena masa-masa sukar sering membuat kita tergoda untuk menempuh cara-cara yang salah, atau berbuat dosa. Keempat, Tuhan melindungi dan memberi semangat kepada Daud (kiasan: gada dan tongkat). Masa-masa sukar, khususnya ketika kita harus menghadapi bahaya dan masalah yang melampaui kemampuan kita, dapat membuat kita putus asa.

Di ayat 5-6, Daud menggunakan kiasan yang berbeda: Tuhan digambarkan sebagai tuan rumah yang menyambut Daud dengan ramah (mengurapi dengan minyak) dan menyediakan hidangan baginya. Hal yang mengesankan adalah bahwa Tuhan melakukan hal itu ketika ia berada dalam situasi yang paling sulit dalam hidupnya, yaitu di hadapan musuh-musuhnya. Kiasan ini dengan jelas menggambarkan bahwa Tuhan akan selalu memimpin dan menyertainya dengan kasih-Nya di sepanjang hidupnya, termasuk pada masa-masa yang paling sukar di dalam kehidupan-Nya. Bagaimana Daud membalas kasih dan kebaikan Tuhan yang luar biasa itu? Daud mengambil komitmen untuk setia beribadah kepada Tuhan dan memelihara persekutuan dengan Tuhan.

REFLEKSI
Seberapa besarkah kasih dan kebaikan Tuhan yang Anda alami dalam kehidupan Anda? (Berikanlah angka di antara angka 1-10). Apa yang sudah Anda lakukan untuk membalasnya?

TEKADKU
Tuhan, aku bersyukur atas kasih dan kebaikan-Mu kepadaku, di sepanjang hidupku. Tolonglah aku untuk lebih setia beribadah kepada-Mu dan memelihara persekutuan dengan-Mu.

TINDAKANKU
Dalam minggu ini aku akan menceritakan kasih dan kebaikan Tuhan yang pernah aku alami dalam hidupku kepada minimal dua orang.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»