suplemenGKI.com

Mazmur 147:12-20

PEMULIHAN YANG SEUTUHNYA

 

PENGANTAR

Memasuki tahun 2016, kita semua berharap untuk mengalami pemulihan dalam berbagai bidang. Salah satu pemulihan yang paling kita harapkan adalah pemulihan dalam keluarga kita. Kita merindukan kehidupan rumah tangga dan keluarga yang lebih aman, lebih tenteram, dan lebih sejahtera. Tentu, ini bukan harapan dan doa yang keliru. Namun, jangan lupa bahwa kita juga perlu berdoa bagi pemulihan secara spiritual. Pemulihan secara sosial hanya dapat dinikmati oleh mereka yang mengalami pemulihan secara spiritual.

PEMAHAMAN

Banyak penafsir yang berpendapat bahwa Mazmur 147 berasal dari masa setelah umat Israel kembali dari pembuangan dan menghubungkan ayat 13 dengan pembangunan kembali tembok kota Yerusalem oleh Nehemia (445 SM). Sapaan khusus diberikan kepada kota Yerusalem. Pulihnya kota Yerusalem, tempat yang menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat kerohanian mereka, menandakan bahwa pemulihan yang Allah kerjakan bersifat menyeluruh, secara sosial maupun spiritual.

Ay. 12-14     Terkait dengan pemulihan secara sosial, berkat apa yang dikaruniakan Tuhan kepada umat-Nya.

Ay. 15-20     Terkait dengan pemulihan secara spiritual, berkat apa yang diberikan Tuhan kepada umat-Nya? Menurut Anda, apa hubungan antara berkat spiritual ini dengan berkat sosial yang disebutkan di atas?

Ajakan untuk memegahkan Tuhan (ay. 12) dilandasi oleh kenyataan bahwa Tuhan telah memulihkan keadaan umat-Nya. Kondisi sosial umat Tuhan kini telah pulih. Mereka dapat hidup dalam sebuah masyarakat yang aman (di kota yang palang pintunya yang dibangun dengan kokoh) dan membangun hidup berkeluarga dengan tenteram (Tuhan memberkati anak-anak mereka). Selain itu, mereka juga hidup dalam kesejahteraan secara ekonomi (Tuhan memberikan gandum yang terbaik kepada mereka).

Di samping pemulihan secara sosial, Tuhan juga melakukan pemulihan secara spiritual. Tuhan mengirimkan firman-Nya bagi mereka. Firman Tuhan digambarkan sebagai sosok yang dinamis dan kuat (ay. 15, berlari), seperti air dan angin yang sanggup mencairkan dan menyingkirkan salju, embun yang beku, dan gumpalan es (ay. 16-18). Firman Tuhan ini penting agar mereka dapat menjalankan hidup mereka sebagai umat Allah (ay. 19). Dengan demikian, kesejahteraan sosial yang mereka miliki dapat mereka nikmati dan mereka gunakan sesuai dengan kehendak-Nya. Firman Allah ini juga menjadi identitas khusus mereka di tengah bangsa-bangsa lain yang tidak mengenal Dia (ay. 20).

REFLEKSI

Tuhan menghendaki pemulihan yang kita alami bersifat utuh dan menyeluruh, meliputi pemulihan secara sosial maupun pemulihan secara spiritual. Tanpa pemulihan secara spiritual, kita tidak tahu bagaimana menikmati kesejahteraan sosial yang dikaruniakan kepada kita.

TEKADKU

Tuhan tolonglah kami agar dalam hidup berkeluarga, kami tidak hanya mementingkan kesejahteraan sosial, namun juga memperhatikan kesejahteraan spiritual. Kami bertekad untuk menghadirkan firman Tuhan dalam kehidupan kami setiap hari.

TINDAKANKU

Aku akan mengajak sebanyak mungkin orang dalam keluargaku untuk berdoa bersama bagi kesejahteraan keluarga kami, baik secara sosial maupun spiritual.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«