suplemenGKI.com

Minggu, 29 Mei 2016

28/05/2016

Mazmur 96:1-13

NYANYIAN BARU: APA ARTINYA?

 

PENGANTAR
Mazmur ini dibuka dengan ajakan yang penuh semangat agar seluruh umat memuji Tuhan dengan “nyanyian baru” (ay. 1). Istilah nyanyian baru digunakan karena nyanyian ini menceritakan tentang pekerjaan Tuhan yang luar biasa, yaitu karya keselamatan yang meliputi seluruh bumi (band.  Yes.  43:19). Karena itu, gema nyanyian baru ini harus sampai ke seluruh bumi, bahkan meliputi seluruh alam semesta ciptaan-Nya (lihat bagian akhir Mazmur ini, ayat 11-13). Dengan kasih setia-Nya Allah terus-menerus berkarya sebagai Pencipta, Raja, dan Hakim atas seluruh bumi.

PEMAHAMAN
Ay. 1-3        Lihatlah secara khusus ayat 3. Kepada siapakah keajaiban karya Tuhan harus diberitakan? Siapakah yang harus memberitakannya? (lihat juga ayat 10).

Ay. 4-6.       Apa tujuan pemazmur membandingkan Tuhan dengan segala allah yang disembah oleh bangsa-bangsa lain? Apa yang ditemukannya?

Ay. 7-13      Siapa sajakah yang diundang untuk beribadah kepada Tuhan? Apa yang dilakukan-Nya di antara bangsa-bangsa di dunia? (lihat ay. 10 dan ay. 13).

Karya keselamatan Allah bersifat universal, artinya meliputi seluruh alam semesta. Karena, itu karya keselamatan ini harus diberitakan kepada segala bangsa. Dengan demikian, segenap bangsa-bangsa di bumi akan memuliakan nama-Nya dan beribadah kepada-Nya (ay. 9). Namun, untuk mewujudkan hal ini, umat Tuhan mempunyai peran yang khusus: memberitakan karya keselamatan itu kepada semua bangsa di bumi.

Pemazmur membandingkan Tuhan dengan segala alah bangsa lain (ay.4). Hal ini dilakukan untuk mengobarkan semangat orang-orang yang memuji Tuhan. Namun, dalam mazmur ini, hal ini dilakukan juga untuk mengundang bangsa-bangsa lain datang beribadah kepada Tuhan. Karya Tuhan sebagai Pencipta (ay. 5) tidak mungkin tertandingi oleh segala macam alah yang lain.

Selain sebagai Pencipta, Tuhan juga terus berkarya di bumi ini sebagai Raja (ay. 10) dan Hakim (ay. 13). Dengan tiga karya-Nya yang dilakukan dengan kesetiaan, maka cukuplah alasan bagi bangsa-bangsa lain untuk memuliakan nama-Nya. Umat Tuhan, yang diberi tugas khusus untuk memberitakan karya keselamatan-Nya, tidak akan kekurangan “modal” untuk mengerjakan tanggung jawab tersebut.

REFLEKSI
Apakah Anda benar-benar ingin agar lebih banyak orang mengenal Tuhan, Pencipta alam semesta? Apakah Anda benar-benar ingin mereka beribadah kepada Allah yang benar? Jika demikian, apa yang telah Anda lakukan untuk memberitakannya kepada mereka?

TEKADKU
Tuhan, berikanlah aku keberanian dan ketulusan untuk membuka diriku bagi orang lain agar mereka juga mengenal karya keselamatan yang sudah Engkau berikan kepadaku.

TINDAKANKU
Selama satu bulan ke depan, aku akan menceritakan karya keselamatan Allah di dalam Kristus kepada minimal satu orang. Aku akan berdoa agar Tuhan mengarahkan aku kepada orang yang tepat dan membimbing aku agar dapat melakukannya dengan cara yang tepat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

1 Comment for this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»