suplemenGKI.com

Minggu, 29 Juli 2018

28/07/2018

Mazmur 145:1-21

MEMUJI DAN BERSAKSI SETIAP HARI

PENGANTAR
Sesungguhnya, puji-pujian kita kepada Tuhan juga merupakan sebuah kesaksian. Artinya, setiap kali kita memuji Tuhan, kita juga sedang bersaksi. Di dalam pujian-pujian itu kita mengungkapkan siapa Tuhan dan apa yang dilakukan-Nya bagi kita. Melalui puji-pujian itu kita memperkenalkan Tuhan kepada orang-orang di sekitar kita dan mengajak mereka memuji Dia.

PEMAHAMAN

  • Ayat 1-2 berisi komitmen pemazmur untuk memuji Tuhan. Kapan sajakah pemazmur memuji Tuhan?
  • Bacalah tiga bagian ini: ay.4-7, ay.10-13a, ay.21.  Selain pemazmur, siapa sajakah yang akan memuji Tuhan? Apa isi puji-pujian yang mereka naikkan?
  • Bacalah juga tiga bagian ini: ay. 3, ay. 8-9, ay. 13b-20.  Tiga bagian tersebut berbicara tentang Tuhan.  Perhatikan jumlah ayat pada masing-masing bagian: pemazmur menuliskan bagian pertama (ay.3) secara singkat, kemudian lebih panjang (ay.8-9), dan lebih panjang lagi (ay.13b-20).  Bandingkan lebih teliti ketiga bagian tersebut, dan renungkanlah: Apakah Anda menemukan adanya pengembangan ide/ gagasan tentang Tuhan dalam tiga bagian tersebut?  Dalam hal apa?

Mazmur 145 termasuk nyanyian pribadi.  Namun pemazmur tahu bahwa bukan hanya dirinya yang pantas memuji Tuhan seorang diri.  Karena itu, Mazmur ini diawali dengn komitmen pribadi (ay.1-2) dan dan ditutup dengan ajakan kepada segala mahluk (ay.21).  Agar lebih mudah memahami isi mazmur ini, baiklah kita memperhatikan pembagiannya sebagai berikut:

  • Komitmen untuk memuji Tuhan (ay. 1-2)
  • Kebesaran Tuhan. (ay. 3)
  • Komitmen untuk memuji Tuhan (ay. 4-7)
  • Kebaikan Tuhan (ay. 8-9)
  • Komitmen untuk memuji Tuhan (ay. 10-13a)
  • Pertolongan Tuhan (ay. 13b-20)
  • Komitmen untuk memuji Tuhan (ay. 21)

Dengan pembagian seperti di atas nampak jelas bahwa komitmen untuk memuji Tuhan akan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pemahaman kita mengenai siapa Tuhan dan apa yang telah dilakukannya di dalam hidup kita.

REFLEKSI
Dalam waktu-waktu dekat ini, kapankah Anda merasakan dan mengalami kebesaran Tuhan, kebaikan Tuhan dan pertolongan Tuhan ?  Apakah Anda sudah memuji nama Tuhan?

TEKADKU
Tuhan, aku ingin semakin mengenal Engkau. Berikanlah aku kemampuan dan kesempatan untuk memahami seluruh karya-Mu di dalam hidupku.

TINDAKANKU
Dalam seminggu ke depan aku akan memilih minimal satu lagu puji-pujian setiap hari untuk aku dengarkan dan aku hayati syairnya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»